Ternyata Masturbasi Pada Wanita Punya Manfaat untuk Kesehatan Lho! Apa Saja?

Ternyata Masturbasi Pada Wanita Punya Manfaat untuk Kesehatan Lho! Apa Saja?

Setiap orang berhak mendapatkan kehidupan seks yang memuaskan. Baik dengan pasangan, maupun dari diri sendiri. Mengetahui apa yang membuatmu terpuaskan dapat benar-benar meningkatkan hampir setiap aspek kesehatanmu lho, Ladies.

Ini mungkin terasa seperti aktivitas yang sangat pribadi tetapi Univia menemukan bahwa 96% orang yang mereka ajak bicara melakukan masturbasi setidaknya sebulan sekali. Itu dinilai sebagai bentuk perawatan diri paling efektif kedua dan hampir 59% orang yang mengatakan mereka melakukan masturbasi setiap minggu juga mengatakan mereka memiliki citra tubuh yang positif.

# Yang Terjadi Ketika Kamu Mengalami Orgasme

Saat kamu orgasme, otakmu bekerja sangat keras untuk menghasilkan banyak hormon dan zat kimia saraf yang berbeda. Ini termasuk serotonin dan dopamin, yang memberimu perasaan senang dan puas.

Oksitosin juga dilepaskan yang dapat membuatmu merasa nyaman, dekat, dan sayang. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa hal itu dapat menurunkan kecemasan.

Menurut Gloria Brame, Ph.D., "Orgasme adalah ledakan dopamin non-narkoba terbesar yang tersedia." Singkatnya, jika kamu merasa gembira setelah menunjukkan cinta pada diri sendiri, kamu dapat berterima kasih kepada hormonmu sendiri.

# Manfaat Masturbasi untuk Kesehatan Mental

Hormon juga menjadi alasan kamu bisa tidur lebih nyenyak setelah masturbasi. Setelah kamu orgasme, tubuh akan melepaskan vasopresin. Ini menyertai melatonin yang mengontrol siklus tidur.

Masturbasi pada wanita (id.theasianparent.com)

Oksitosin akan menenangkan pikiran, sementara dopamin serta serotonin akan membuatmu merasa sangat puas. Sehingga, hal ini bisa menjadi kombinasi sempurna untuk tidur dengan nyenyak dan sehat.

“Masturbasi bisa menjadi perilaku menenangkan pikiran kita. Membuat kita berhubungan dengan tubuh kita, dan memberi kita waktu untuk fokus pada diri kita sendiri alih-alih mengkhawatirkan apa yang dipikirkan orang lain,” ujar Megan Andelloux, seorang seksolog dan pendidik seksualitas,

# Manfaat Masturbasi untuk Kesehatan Fisik

Sementara penelitian telah menyoroti manfaat mental dari masturbasi. Beberapa penelitian menunjukkan ada manfaat fisik juga.

Saat kamu orgasme, detak jantungmu meningkat dan meskipun tidak sebanding dengan lari setengah jam, itu baik untuk kesehatan jantungmu.

Demikian pula, kamu akan merasakan kontraksi saat mencapai klimaks yang mungkin merupakan cara paling lucu untuk melatih dan memperkuat dasar panggul. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa peningkatan kecil pada kortisol setelah kamu orgasme dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuhmu.

Masturbasi dapat membuatmu tidur nyenyak (lifestyle.okezone.com)

Penelitian telah mencoba untuk menetapkan manfaat fisik dari orgasme dan menghubungkan kesenangan fisik dengan rasa sakit. Ini mungkin menjelaskan mengapa orgasme dapat meredakan gejala PMS. Sherry Ross, MD, OB / GYN dan penulis mengatakan kepada Healthline,

"Masturbasi dapat membantu meredakan apa pun mulai dari kram dan sakit punggung hingga sakit kepala dan nyeri sendi." Demikian pula, masturbasi merangsang aliran darah ke vulva yang merangsang lubrikasi. Hal ini dapat meredakan ketidaknyamanan akibat atrofi atau kekeringan vagina yang merupakan efek samping umum menopause.

Selain terasa enak, masturbasi wanita memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Memberi dirimu waktu dan ruang untuk menjelajahi tubuh dan apa yang kamu sukai tanpa rasa malu, dan dapat sangat meningkatkan kesehatan mental dan fisik.

Masturbasi bagus untuk jantung (klikdokter.com)