Kisah Orang Terkaya di Korea Selatan yang Dipenjara dan Tak Bisa Menikmati Kekayaannya

Kisah Orang Terkaya di Korea Selatan yang Dipenjara dan Tak Bisa Menikmati Kekayaannya

Jay Y. Lee adalah pewaris perusahaan besar Samsung. Ayahnya, Lee Kun-hee, Ketua lama Samsung, memiliki kekayaan $ 20 miliar ketika dia meninggal pada Oktober 2020. Setelah kematiannya, kira-kira setengah dari $ 20 miliar itu akan segera dilahap oleh pajak kekayaan 50% Korea Selatan.

Sebagai anak tertua dan putra satu-satunya, Jay Y. Lee mewarisi $ 7 miliar dari sisa $ 10 miliar. Hari ini, kekayaan bersih $ 7 miliar itu menjadikan Jay Y. Lee orang terkaya di Korea Selatan. Sayangnya, dia tidak dapat menghabiskan uang itu sekarang. Mengapa? Karena Jay Lee sedang duduk di sel penjara. Dan ini bukan pertama kalinya.

Bagaimana orang terkaya di Korea Selatan bisa masuk penjara?

Ini adalah kisah yang rumit, yang melibatkan penyuapan, penggelapan, dan mantan Presiden Korea Selatan…

# Berbagai Permasalahan yang Dibuat Jay Lee

Masalah Jay Lee dimulai pada 2015 ketika dia dituduh memberikan suap senilai $ 38 juta USD kepada mantan Presiden Korea Selatan, Park Geun-hye, dan temannya Choi Soon-sil. Suap itu diduga ditawarkan sebagai imbalan atas bantuan pemerintah yang menguntungkan Samsung. Secara teknis, untuk memfasilitasi dugaan suap, Samsung menyumbangkan uang kepada dua badan amal yang dikendalikan oleh Choi Soon-sil. Perusahaan juga mentransfer jutaan ke perusahaan Jerman yang dikendalikan oleh Choi yang membiayai pelatihan berkuda putrinya dan pusat olahraga musim dingin keponakannya.

Dia ditangkap pada 16 Februari 2017, dan diinterogasi selama lebih dari 22 jam tentang penyuapan dan korupsi.

Jay Lee ketika ditangkap kerena berbagai kasus yang dilakukannya (qz.com)

Ketika suap ini dipublikasikan, publik Korea Selatan pada umumnya sangat marah. Presiden Park diberhentikan dari perannya sebagai Presiden. Dia akhirnya dihukum dan dijatuhi hukuman 25 tahun penjara karena korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan.

Lee dinyatakan bersalah menggelapkan uang dari Samsung, menyembunyikan aset di luar negeri, menyembunyikan keuntungan dari kegiatan kriminal, dan sumpah palsu. Menariknya, pengadilan juga menemukan bahwa Lee tidak dalam posisi untuk dapat menolak permintaan mantan Presiden untuk mendukung temannya secara finansial. Karena itu, dia secara teknis dipaksa melakukan pembayaran. Sayangnya, pengadilan masih memutuskan pewaris Samsung bersalah karena memfasilitasi lebih dari $ 3 juta dalam suap untuk pelatihan berkuda putri Choi serta menggelapkan uang dari Samsung.

Lee Kyun Hee bos Samsung sebelum Jay Lee (voi.id)

Pada 25 Agustus 2017, Jay Y. Lee dinyatakan bersalah melakukan korupsi dan dijatuhi hukuman lima tahun penjara.

Pada 8 Februari 2018, hukumannya dikurangi menjadi dua setengah tahun, dan dia dibebaskan untuk menjalani hukuman.

# Kembali Dipenjara

Sayangnya bagi Lee, Februari 2018 bukanlah akhir dari masalah hukumnya. Pada Agustus 2019, Mahkamah Agung Korea Selatan membatalkan penangguhan hukuman Lee. Pengadilan juga memerintahkan persidangan ulang atas seluruh kasus. Jaksa dalam kasus aslinya meminta hukuman 12 tahun untuk Lee, jadi mereka merasa gelisah ketika dia dijatuhi hukuman hanya lima tahun dan dibebaskan setelah satu tahun.

Pada 21 Januari 2021, Lee dijatuhi hukuman dua tahun enam bulan penjara. Dia saat ini menjalani hukumannya di Pusat Penahanan Seoul sambil menunggu hasil pengadilan ulang atas dakwaan asli. Lee menghadapi tuduhan penipuan dan manipulasi saham. Jaksa menuduh bahwa Lee membayar suap sebagian, untuk mempermudah jalannya ke ketua Samsung.

Secara umum, sistem hukum Korea Selatan biasanya sangat lunak terhadap kejahatan kerah putih dan terhadap anggota konglomerat besar, seperti Samsung. Beberapa orang Korea Selatan menyebut negara itu "Republik Samsung", karena perusahaan memiliki pengaruh besar dalam segala hal mulai dari ekspor hingga perawatan kesehatan. Hampir 60 perusahaan yang berafiliasi dengan Samsung menguasai sepertiga dari kapitalisasi pasar saham Korea Selatan.

Wah, ternyata di balik perusahaan besar ini ada kisah miris pemiliknya yang kaya raya ya ges. Memang kalau punya harta banyak tuh ada aja godaannya. Susah untuk terus lurus.

Pemakaman Lee Kyun Hee (matain.id)