Beres Isolasi Mandiri, Harus Dikemanakan Barang-Barang di Kamarmu?

Banyak pasien COVID-19 yang sudah sembuh dan sehat bertanya tentang peralatan tidur yang setelah mereka pakai untuk isoman, apakah harus dibuang untuk menghindari penularan virus.

Akhir-akhir ini kasus baru yang terpapar virus COVID-19 semakin meningkat. Bahkan jumlahnya lebih banyak walaupun sudah banyak yang mendapatkan vaksinasi. Semakin banyak juga jumlah penderita sehingga banyak juga yang harus menjalani perawatan di rumah masing-masing atau isolasi mandiri.

Banyak pasien COVID-19 yang sudah sembuh dan sehat bertanya tentang peralatan tidur yang setelah mereka pakai untuk isoman, apakah harus dibuang untuk menghindari penularan virus? Karena mereka mempunyai anggapan bahwa viru-virus itu masih tertinggal pada tempat tidur bahkan alat-alat yang mereka pakai selama menjalani isolasi mandiri.

Dr. Santi dari Medical Center Kompas Gramedia mengatakan bahwa peralatan tidur atau peralatan makan yang telah digunakan selama masa isolasi mandiri sebaiknya hanya dicuci bersih lalu disterilkan saja. Cukup dicuci dengan sabun lalu dibilas dengan air mengalir jadi tidak harus dibuang.

“Peralatan tidur enggak perlu dibuang ya. Kemarin ada pasien yang bertanya pada saya, sudah selesai isoman, apakah peralatan tidur harus dibuang? Enggak perlu,” tegasnya.

Barang-barang bekas isoman COVID-19 (CNN)

Dr. Santi juga menjelaskan cara-cara membersihkan dan mencuci alat tidur agar bisa membunuh sisa-sisa virus corona yang menempel. Caranya adalah dicuci dengan sabun dan air panas atau hangat, cuci seperti biasa dengan sabu, lalu dijemur dibawah sinar matahari. Lalu bagaimana jika tidak ada matahari? demikian, baran bisa disetrika langsung.

Mengapa hanya cukup dicuci atau dipanaskan? Karena penyebab virus COVID-19 itu sebenarnya akan mati jika dibersihkan dengan sabun dan dipanaskan. Jadi jika seorang pasien sudah sehat setelah menjalani isolasi mandiri jangan langsung membuang semua peralatan yang telah terpakai.

Barang-barang bekas isoman COVID-19 (Liputan6)

Meski demikian, dr. Santi menyarankan jika melakukan isolasi mandiri di dalam rumah hendaknya tidak mencampur alat-alat makan atau alat tidur dengan anggota keluarga lain yang tidak terpapar virus. Jika terpaksa atau tidak sengaja, maka alat-alat makan atau alat tidur tersebut hendaknya dicuci terpisah dengan yang lainnya. Mencucinya juga harus menggunakan sabun setidaknya 20 detik untuk setiap peralatan makannya.

Barang-barang bekas isoman COVID-19 (CNN)