Manfaat Pepaya Muda Buat Di Konsumsi, Aman dan Berkhasiat Lagi

Pepaya muda selain dijadikan sebagai bahan sayur ternyata mengandung segudang manfaat loh.

Segudang manfaat yang terkandung pada buah pepaya matang pasti sudah banyak yang mengetahuinya, Bahkan buah pepaya yang masih belum matang pun memiliki efek baik buat kesehatan.

Pepaya yang belum matang biasanya jarang yang mengonsumsinya, namun bisa juga di olah sebagai sayur. Mungkin dikarenakan cita rasa pepaya muda kalah dengan pepaya yang matang.

Dilansir dari Boldsky, "Pepaya muda mengandung banyak vitamin dan mineral seperti potasium, magnesium, vitamin A, C, B, dan E. Selain itu, pepaya muda juga mengandung enzim papain dan chymopapain yang baik untuk perut." Berikut merupakan manfaat pepaya muda buat di konsumsi, yang pastinya aman dan berkhasiat lagi.

1.Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tahu kah kamu bahwa pepaya muda dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita? Hal ini disebabkan karena Pepaya mengandung vitamin A, C, dan E. Pepaya muda juga diketahui bisa mencegah infeksi, pilek, dan batuk.

2.Menjaga pencernaan

Sama halnya dengan pepaya matang, kandungan Enzim papain dan chymopapain yang ada pada pepaya muda dpat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan terbentuknya gas baik dalam perut. Hal itu mampu menyebabkan pepaya muda tidak akan menyebabkan kembung dan membuat sistem pencernaan bekerja secara lancar.

Pepaya muda yang di olah sebagai bahan makanan (indonesian-medan-food.blogspot.com)

3.Meningkatkan produksi asi

Bagi para ibu yang sedang menyusui, Faktanya pepaya muda itu sangat baik untuk meningkatkan produksi ASI. Dengan begitu ibu tak perlu khawatir ASI yang diproduksi tak cukup untuk si dedek bayi.

4.Menyembuhkan konstipasi

Konstipasi atau sering disebut sembelit adalah kelainan pada sistem pencernaan di mana seorang manusia. Hal itu disebabkan mengalami pengerasan tinja yang berlebihan sehingga sulit untuk dibuang atau dikeluarkan dan dapat menyebabkan kesakitan yang hebat pada penderitanya. 

Tenang, hal ini dapat diredakan dengan mengonsumsi pepaya muda. Kandungan Papain yang terdapat pada pepaya muda membantu mengatasi konstipasi secara alami. 

5.Membersihkan usus

Dengan meminum jus pepaya muda adalah salah satu cara terbaik untuk membersihkan usus kita. Semua kandungan nutrisi dan mineral di dalamnya juga bisa menyehatkan pencernaan, tak hanya membersihkannya dari zat beracun namun juga membersihkan kotoran yang tak diinginkan.

Pepaya muda dapat memperlancar pencernaan (scienceabc.com)

Begitulah manfaat buah pepaya muda untuk  kesehatan kita. Walaupun rasanya tak seenak pepaya yang matang. Namun kalau kamu mengonsumsi nya bisa bermanfaat buat tubuh.

Usus dapat bersih karena kandungan papain yang ada pada pepaya muda (istockphoto.com)