4 Alat Musik yang Ditiup Ini Berasal dari Indonesia

alat musik tradisional dari Indonesia ini ternyata merupakan alat musik tiup

Budaya Indonesia memang beragam, mulai dari tradisi, makanan, pakaian bahkan hingga alat musiknya. Ternyata ada banyak alat musik tradisional yang tersebar seantero Nusantara. Di antara banyaknya alat musik yang ada banyak alat musik Indonesia yang cara memainkannya adalah dengan ditiup.

Nggak kalah dengan alat musik tiup lainnya seperti klarinet, terompet dan trombon. Berikut adalah alat musik dari Indonesia yang cara mainnya ditiup. Simak selengkapnya.

Suling Bambu

Kalau yang satu ini pasti udah tau. Berbentuk ramping panjang kurang lebih 15-30 cm dengan diameter 3-4 cm. Suling bambu seperti seruling lainnya memiliki lubang kecil pada bagian tubuhnya yang berfungsi untuk mengatur nada. Suling ini berasal dari tanah Sunda, Jawa Barat.

Suling Lembang

suling bambu (dictio.id)

Masih termasuk suling juga, namun berasal dari Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Cara memainkannya pun sama hanya bedanya memiliki ukuran yang panjang sekitar 40-100 cm. Hingga membuatnya jadi alat musik tiup tradisional terpanjang di Indonesia.

Bangsi Alas

Suling Lembang (dictio.id)

Alat musik tiup ini berasal dari Aceh yang dibuat dari bambu dengan panjang sekitar 40 cm dan diameter 2,8 cm. Pada bagian tubuh bangsal ada 7 lubang yang bisa menghasilkan nada berbeda. Uniknya ada ukuran khas Aceh di badanya.

Serunai Banjar

bangsi-alas_ (Foto, Rilies via Wikimedia Commons)

Berasal dari banjar dan memiliki panjang sekitar 15 cm dengan ukiran khas suku Banjar. Pada bagian ujung tempat suara keluar ada bentuk seperti lonceng, sedangkan di ujung tempat meniup ada reeds ganda .

Serunai Banjar (dictio.id)