COVID-19 Makin Menggila, Tambahkan Nutrisi Ini Agar Imun Si Kecil Tetap Terjaga

Pada awalnya virus ini menyerang lansia dan orang dewasa yang mempunyai imunitas tubuh yang rendah. Namun lama kelamaan, anak-anak juga banyak yang terkena imbas.

Virus Covid-19 sudah setahun lebih menguasai dunia. Setelah ditemukan vaksin untuk mencegahnya, kini virus malah semakin mengganas karena munculnya varian baru yang penularannya lebih cepat dan berbahaya. Ketika virus semakin menggila, banyak masyarakat yang masih membandel dan tidak mematuhi protokol kesehatan.

Pada awalnya virus ini menyerang lansia dan orang dewasa yang mempunyai imunitas tubuh yang rendah. Namun lama kelamaan, anak-anak juga banyak yang terkena imbas dari virus ini. Bahkan balita pun juga ada yang sudah terpapar virus corona.

Banyak cara yang bisa dilakukan oleh para orangtua untuk mencegah anak-anaknya terpapar virus ini. Salah satunya adalah menerapkan protokol kesehatan yakni dengan memakaikan masker ke manapun sang anak pergi, mencuci tangan dengan sabun dan juga menjaga kebersihan. Selain itu, orang tua juga dapat meningkatkan system imun anak agar anak bisa terhindar dari paparan virus COVID-19.

Cara meningkatkan sistem imun pada anak sebenarnya tidak susah, cukup dengan memberikan MPASI bernutrisi yang cukup kepada anak. Lalu apa pentingnya memberi tambahan nutrisi pada anak? Dokter spesialis anak, konselor laktasi dan MPASI dr. Dini Astiyarni, Sp.A mengatakan bahwa pentingnya memberi MPASI bernutrisi pada anak adalah untuk membantu tumbuh kembang sang anak.

COVID-19 pada anak (via Kompas)

Penambahan protein pada makanan anak sangat bagus membantu bahan dasar otot, masa tumbuh dan masa perkembangan otak. Selain protein, penambahan lemak, Zinc dan juga tambahan nutrisi lainnya juga tidak boleh diabaikan. Dengan menambahkan beberapa gram daging merah dan juga mengkonsumsi telor setiap hari dapat membantu menurunkan resiko stunting dan juga berat badan kurang.

Sementara untuk bayi, pemberian ASI harus tetap dilakukan. Karena di dalamnya banyak terkandung zat-zat yang dapat meningkatkan imun booster pada bayi. Selain itu, jika sang ibu telah mendapatkan vaksinasi COVID-19, ASI yang disalurkan kepada sang bayi akan mengandung antibodi. 

COVID-19 pada anak (via Haibunda)

Selain mendapatkan antibodi dari sang ibu, dokter Dini juga menyarankan agar selalu memberikan vitamin D yaitu melalui sinar matahari. Caranya adalah dengan menjemur anak di waktu yang disarankan dokter untuk memenuhi kebutuhan vitamin D dan menghindarkan dari paparan virus COVID-19.

COVID-19 pada anak (via Kompas)