Terlalu Multasking Ternyata Bahaya Lho Guys, Waspada Dampak Buruknya

Bisa melakukan berbagai pekerjaan dalam satu waktu sering dianggap sebagai suatu kelebihan. Tapi benarkah kamu bisa melakukannya dengan aman?

Bisa melakukan berbagai pekerjaan dalam satu waktu sering dianggap sebagai suatu kelebihan, bahkan anugerah dari Yang Maha Kuasa. Tidak heran jika banyak orang menganggap kemampuan multitasking sebagai kebanggaan. Namun tahukah kamu bahwa sebenarnya anggapan ini hanyalah mitos?

Faktanya, setiap orang sebenarnya hanya bisa melakukan satu pekerjaan dalam satu waktu. Jika memaksakan diri untuk melakukan beberapa kegiatan dalam satu waktu, maka otak akan bekerja lebih keras dari biasanya. Jika dilakukan terus menerus akan memberikan efek negatif terhadap kesehatan orang itu sendiri. Berikut beberapa risiko yang mengintai:

Menurunkan Tingkat Konsentrasi

Sering melakukan beberapa kegiatan sekaligus bisa mengurangi tingkat konsentrasi, karena yang bersangkutan tidak dapat mengatur apa yang ada di otak dan tidak dapat menjalankan ide di kepala. Alhasil, kemampuan mereka untuk memproses suatu ide menjadi lebih lambat.

Menghambat Fungsi Otak

Bahaya Multitasking Secara Terus-Menerus (via Alodokter)

Ketika kita melakukan banyak hal secara bersamaan, tentu otak akan sulit memahami informasi yang diterima dari luar. Jika terus dipaksakan, maka otak akan memproses banyak informasi dengan kecepatan yang sangat cepat. Hal ini malah membuat otak lemot dalam merespon sesuatu.

Menurunkan IQ

Bahaya Multitasking Secara Terus-Menerus (via Klikdokter)

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang melakukan beberapa kegiatan dalam satu waktu bisa membuat kehilangan tingkat IQ atau kecerdasannya dalam jangka waktu tertentu. Dan hal ini menjadikan kita kurang berempati, dingin, pendiam dan kurang bisa mengendalikan emosi dan perasaan.

Kehilangan Perhatian Terhadap Detail

Bahaya Multitasking Secara Terus-Menerus (via Liputan6)

Multitasking juga bisa mengakibatkan kita kehilangan kemampuan untuk fokus kepada hal yang bersifat detail. Jika dilakukan secara terus menerus, hal ini juga akan mengurangi ingatan kita dan membuatnya lemah.

Memicu Efek Negatif pada Kesehatan Mental

Bahaya Multitasking Secara Terus-Menerus (via Rencanamu)

Selain mengakibatkan hal yang buruk bagi kesehatan mental, melakukan multitasking secara terus menerus bisa juga memberikan efek negatif terhadap kesehatan mental. Hal ini dikarenakan multitasking telah membuat diri kita focus untuk menyelesaikan tugas daripada benar-benar menikmatinya. Jika hal ini dilakukan secara terus menerus akan menyebabkan kecemasan dan stress yang memicu gangguan kesehatan mental.

Wah ternyata gawat juga ya dampaknya kalua kita memaksakan diri untuk terlalu multitasking. Walaupun bisa menyelesaikan banyak hal dengan cepat, belum tentu dampaknya akan baik di kemudian hari. Sebaiknya, kerjakan sesuatu sewajarnya saja.

Bahaya Multitasking Secara Terus-Menerus (via Unair News)