Fakta Mangga Miyazaki, Tanaman Super Mahal yang Ditanam Petani India Secara Tak Sengaja

Seorang petani di India bernama Sankalp Singh Parihar menjadi jutawan setelah menanam mangga Miyazaki, salah satu varietas termahal di dunia.

Seorang petani di India bernama Sankalp Singh Parihar menjadi jutawan setelah menanam salah satu varietas mangga termahal di dunia. Mangga yang ditanam oleh Sankalp adalah mangga yang berasal dari Jepang yaitu Mangga Miyazaki. Mangga ini biasanya dibudidayakan di Kota Miyazaki, Jepang.

Cerita ini berawal dari perjalanannya empat tahun yang lalu menuju Chennai untuk mencari benih kelapa hibrida. Di tengah perjalanan, ia bertemu dengan seorang pria dan menawarkan sebuah pohon mangga khusus kepadanya dengan 2500 rupee atau sekitar Rp485 ribu.

Sankalp pun membelinya karena merasa penasaran dengan mangga yang bahkan dia tidak tahu jenisnya. Dia pun menanamnya seperti menanam mangga varietas lain yang ada di India . Uniknya, dia menamainya dengan nama sang ibu, Damini.

Setelah menanamnya beberapa bulan, Sankalp melihat bahwa pohonnya telah mengembangkan warna merah yang indah. Belakangan, dia baru mengetahui bahwa mangga spesial itu adalah jenis Miyazaki Jepang yang dianggap sebagai mangga varietas termahal di dunia. 

Mangga Miyazaki (via Kompas)

Mangga ini lebih sering dikenal dengan sebutan "Telur Matahari", dan sering ditemukan di tempat lelang khusus di negara asalnya, Jepang. Mangga ini biasanya diberikan kepada seseorang, dan dianggap sebagai hadiah yang sangat mewah karena harganya yang luar biasa tinggi. Satu mangga dijual seharga USD 50 atau sekitar Rp720 ribu, disertai cokelat premium sebagai buah tangan.

Saat ini Sankalp sudah berhasil menanam sebanyak 52 buah mangga di kebunnya dan memutuskan untuk tidak menjual buah tersebut. Sankalp dan sang istri lebih suka membudidayakan mangga ini, bahkan ingin memenuhi seluruh kebun dengan varietas ini. Mereka sangat menyayangi mangga ini dan telah menganggapnya seperti anak yang harus dilindungi.

Mangga Miyazaki (via Kompas)

Sankalp Singh Parihar dan Rani, sang istri, tidak ragu untuk menyewa penjaga dan beberapa anjing untuk menjaga kebunnya dari incaran pencuri. Seiring hebohnya pemberitaan tentang mangga mahal ini, kebun Sankalp pernah dimasuki pencuri dan mengambil 14 buah mangga dari kebunnya.

Mangga Miyazaki (Pertanianku)