Whatsapp Bikin Memori Ponsel Cepat Penuh, Begini Solusinya

Para pengguna smartphone sering mengeluh tentang tempat penyimpanan ponsel yang sering mendadak penuh karena banyaknya pesan yang masuk lewat WhastApp. Apa solusinya?

Para pengguna smartphone sering mengeluh tentang tempat penyimpanan ponsel yang sering mendadak penuh karena banyaknya pesan yang masuk lewat WhastApp. Seperti yang kita ketahui bersama, aplikasi ini sekarang memiliki banyak sekali penggunanya.

Hampir semua orang menggunakan aplikasi ini untuk memudahkan berkomunikasi satu sama lain. Tidak hanya mengirim pesan, WhatApp juga bisa mengirim foto, video, music, file dokumen, dan pesan audio. Sayangnya terkadang file yang dikirim tersebut mempunyai kapasitas terlalu besar sehingga banyak memakan memori.

Namun sekarang kalian tidak perlu kuatir, karena ada beberapa cara untuk menghemat daya simpan memori internal di dalam handphone apabila kita menggunakan aplikasi WhatsApp. Apa saja?

Hapus File Media Berukuran Besar

Selain memilih pesan yang akan dihapus, pengguna juga dapat memilih mana file yang ingin dihapus. Caranya yaitu pilih setting lalu ke storage data dan klik manage storage. Nantinya akan muncul daftar file yang berukuran besar dengan tulisan larger than 5 MB. Klik pilihan tersebut untuk memeriksa file mana saja yang mempunyai kapasitas lebih dari 5 MB atau yang sudah tidak diperlukan.

Aktifkan Backup Google Drive/iCloud

Tips menghemat memori saat pakai WhatsApp (Istimewa)

WhatsApp biasanya akan secara otomatis mencadangkan chat ke memory internal. Oleh karena itu ketika kita menerima pesan yang berukuran besar, maka memory internal akan tersita. Dengan menyimpan ke google drive atau iCloud, maka bisa mengurani kapasitas yang ada di memory internal.

Caranya adalah klik setting>chat>chat backup>back up. Untuk pencadangan ini jangan lupa sertakan nama email kita untuk menyimpan file dan chat cadangan. Akan tetapi pencadangan ini harus diserta daya baterai dan kuota yang besar. Namun apabila kuota anda menipis, bisa disetting akan dicadangkan apabila menggunakan WiFi.

Matikan Fitur Auto Download Video dan Gambar

Tips menghemat memori saat pakai WhatsApp (via YouTube)

Dalam pengaturan langsung, pesan foto dan video sebenarnya akan terunduh otomatid ketika kita menerima kiriman pesan, namun pengguna bisa mengatur secara manual agar tidak terdownload secara otomatis. Caranya, pilih setting lalu klik menu storage and data kemudian pilih when using mobile phone lalu hapus centang di kolom foto, video, audio dan dokumen. Sedangkan untuk memonaktifkan sepenuhnya klik when connected in WiFi dan when roaming.

Hapus Chat Berkuran Besar

Tips menghemat memori saat pakai WhatsApp (Istimewa)

Pesan chat mempunyai ukuran berbeda-beda, tergantung seberapa sering kita berinteraksi dan tergantung pada berapa banyak file yang kita terima. Untuk itu kita bisa memilih pesan yang memakan banyak memori internal dengan cara buka menu setting lalu pilih storage and data > manage storage lalu scroll ke bawah dan pilih chat mana yang memakan banyak memori internal. Klik chat yang ingin dibersihkan, kemudian pilih file apa saja yang ingin dihapus sehingga bisa melonggarkan kapasitas memori internal HP kita.

Kurangi Membuka WhatsApp Story

Tips menghemat memori saat pakai WhatsApp (via Ayo Surabaya)

Seringkali kita merasa penasaran dengan story atau status yang dibuat oleh pemilik kontak yang kita simpan. Ternyata melihat story atau status pengguna lain dapat mengurangi kapasitas memory internal juga lho. Jadi langkah baiknya adalah mengurangi rasa penasaran untuk melihat story atau status pengguna lain.

Selain WhastApp Status, file GIF dan stiker tenyata juga dapat memenuhi kapasitas memory. Semakin sering mengirim stiker atau GIF makan akan semakin tersita pula ruang penyimpanan. Hmm… ternyata ada banyak faktor yang selama ini tidak kita ketahui ya.

Tips menghemat memori saat pakai WhatsApp (via Selular)