Habis Baca Ini, Mending Lama Lihat Laptop Atau Gebetan Kamu?’

CVS penyebab mata sakit, nyeri kepala hingga pegal-pegal pada badan dan mata.

Hidup di dunia digital seperti sekarang ini emang bikin mata cepat lelah karena semua serba digital. Mulai dari membaca surat kabar, pekerjaan, pelajaran berita, film, dan lainnya pasti lebih banyak dilakukan lewat komputer, laptop, smartphone, atau perangkat elektronik lainnya.

Udah gitu kalau lihat laptop bisa sampai berjam-jam. Padahal terlalu lama memandang komputer atau layar smartphones seharian bisa bikin mata kamu terkena CVS (Computer Vision Syndrome) atau biasa dikenal dengan istilah digital eyestrain.

Apa sih itu CVS?

ilustrasi bekerja depan komputer (freepik)

CVS adalah suatu kondisi dimana terdapat keluhan mata yang muncul akibat paparan cahaya dari komputer atau perangkat elektronik dalam waktu lama. Keluhan yang muncul cukup bervariasi. Mulai pegal pada mata, nyeri kepala, pandangan kabur, mata kering, hingga rasa nyeri pada bahu.

Lalu bagaimana untuk menghindari CVS?

ilustrasi bekerja depan komputer (freepik)

Para pakar dari American Optometric Association menyarankan untuk melakukan aturan 20-20-20 agar terhindar dari CVS. Yaitu setelah memandang komputer selama 20 menit, disarankan melihat objek jauh berjarak 20 kaki selama setidaknya 20 detik.

Setelah melakukan hal tersebut kamu bakal merasakan banyak perubahan. Mulai dari keluhan pada mata yang mulai berkurang hingga mata yang bisa kembali bekerja dengan baik. Jadi enak mana nih? Nontonin laptop seharian atau nontonin gebetan kamu? Apapun jawabannya jangan lupa pakai cara 20-20-20 ya!

ilustrasi bekerja depan komputer (freepik)