Atlet Renang Imut dan Cantik dari Jepang Ini Mengagumkan, Siapa Sangka Dirinya Juga Punya Banyak Prestasi

Kalo atlet Asian Games 2018 ini bisa dijadiin panutan. Usia 18 tahun, prestasi seabrek. Salut, deh!

Dalam perhelatan Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Indonesia ini, banyak rekor baru muncul. Salah satunya adalah penyelenggaraan Asian Games di dua kota untuk pertama kalinya. 

Selain itu, ada satu prestasi yang dicetak atlet Jepang berusia 18 tahun bernaa Rikako Ikee. Dirinya menjadi atlet wanita pertama yang mendapat penghargaan Most Valuable Player (MVP) dalam sejarah Asian Games. 

Atlet renang yang membela timnas Jepang ini berhasil membawa pulang 6 medal emas dan 2 medali perak. Savage! 

Rincian medali yang berhasil diperoleh adalah emas pada nomor 50 meter gaya bebas, 100 meter gaya bebas, 100 meter gaya kupu-kupu, 4x100 meter gaya campuran, 50 meter gaya kupu-kupu dan 4x100 meter gaya bebas estafet. Selain itu, untuk dua medali perak yang berhasil diraih adalah dua nomor renang estafet. 

Atas dasar banyaknya medali yang berhasil ia bawa pulang, Ikee pun dipilih oleh Presiden OCA (Komite Olimpiade Asia), Sheikh Ahmed Al-Fahad Al- Ahmed Al-Sabah. Dirinya menyampaikan bahwa Rikako menjadi atlet pertama yang mampuu membawa pulang total 8 medali dalah satu even empat tahunan tersebut.

"Hari ini kami merayakan pemenang MVP Asian Games, Rikako Ikee dari Jepang. Dirinya menjadi atlet dengan penampilan terbaik dengan total delapan medali, yakni enam emas dan dua perak," ungkapnya dalam sambutan di upacara penutupan Asian Games 2018 mINGGU (2/9) lalu.

Mendengar kabar mengejutkan ini, Ikee pun mengaku senang. Hal ini bisa kita lihat melalui tulisan yang diunggah olehnya di akun instagram pribadi

Selain mengaku senang dan bahagia, Ikee juga menyatakan bahwa gelaran Asian Games 2018 dijadikannya sebagai pengalaman berharhga.

Ikee mengalungi 8 medali yang berhasil diraihnya. (instagram @ikee_rikako)

"Hal ini (Asian Games 2018) akan menjadi pengalaman yang sangat berharga," tulisnya dalam Instagram Stories.

Menurut Ikee, awalanya ia mengaku tidak percaya dengan torehan prestasi tersebut. Hal ini dibuktikan kala pengumuman MVP di penutupan Asian Games, dirinya malah tengah vakansi ke Disneyland. Kok bisa, ya? 

Wanita kelahiran 4 Juli 2000 di Tokyo, Jepang ini ini ternyata sudah lama menggeluti renang. Dirinya pun sudah banyak mengantongi medali dalam berbagai kejuaraan, baik lokal maupun dunia. Sedangkan medali yang ia dapatkan dalam pesta olahraga terbesar se-Asia ini bukanlah raihan medali pertamanya.

Rikako Ikee bersama atlet renang. (instagram @ikee_rikako)

Rikako Ikee puun ternyata sudah banyak membawa pulang medali untuk negaranya. Hal ini pun menjadikan dirinya berulangkali mendapatkan penghargaan, baik dari pemerintah maupun organisasi renang.

Meskipun Ikee bukanlah atlet yang membela Indonesia dalam ajang Asian Games, prestasinya bukanlah sesuatu hal yang nggak bisa kita maknai. Kita sebagai masyarakat maupun atlet Indonesia, bisa menjadikan pencapaian Ikee sebagai tolak ukur agar lebih maju. Atlet Asian Games 2018 ini baru usia 18 tahun aja udah mengantongi banyak medali. Kalo kamu, usia 18 tahun baru ngapain, ya?

Ikee dan medali kemenangan dari kompetisi renang yang lain. (instagram @ikee_rikako)