Gak Nyangka! Negara Berkembang Seperti India Melahirkan Banyak Sekali CEO yang Memimpin Berbagai Perusahan Besar di Dunia, Siapa Saja?

Gak Nyangka! Negara Berkembang Seperti India Melahirkan Banyak Sekali CEO yang Memimpin Berbagai Perusahan Besar di Dunia, Siapa Saja?

India telah menjadi rumah bagi beberapa pemikir paling cemerlang dalam sejarah dunia. Dan dalam hal berbisnis, orang India tampaknya juga memimpin di bidang itu.

Sosok seperti Mukesh Ambani, Ratan Tata, Anand Mahindra dan Laxmi Mittal telah menjadikan negara India sebagai negara yang patut diperhitungkan.

Tidak hanya di India tetapi di seluruh dunia, beberapa orang ini berhasil menjadi CEO top asal India di dunia. Siapa saja?

1. Arvind Krishna - CEO, Grup IBM

Alumnus Institut Teknologi India, Kanpur, Arvind Krishna telah bekerja di IBM selama lebih dari dua dekade.

Setelah menyelesaikan PhD-nya di bidang teknik elektro dari University of Illinois di Urbana-Champaign, kecemerlangan Krishna memberinya pengakuan yang benar-benar layak diterima.

Dia menggantikan Virginia Rometty sebagai CEO berikutnya dari Grup IBM.

2. Sundar Pichai - CEO, Google LLC & Alphabet INC

Pichai Sundararajan, seorang eksekutif bisnis India-Amerika, memulai karirnya di Google pada tahun 2004. Ia kemudian menjadi CEO Alphabet yang sekarang dipromosikan, setelah Larry Page dan Sergey Brin mengundurkan diri.

3. Satya Nadella - CEO, Microsoft

Potret Arvind Krishna - CEO, Grup IBM (economictimes.indiatimes.com)

Sempat bertanggung jawab membangun dan menjalankan platform komputasi Microsoft, Satya Nadella yang lahir di Hyderabad kini menjadi CEO sejak 2014.

Setelah menyelesaikan gelar sarjananya di bidang Teknik Komputer dari Hyderabad, Nadella melanjutkan untuk mengambil gelar MS di bidang Ilmu Komputer dari University of Wisconsin-Milwaukee.

Terlahir dari keluarga Telugu yang sederhana, Satya Nadella bekerja di Sun Microsystems sebelum pindah kerja di Microsoft.

4. Shantanu Narayen - CEO, Adobe Inc.

Shantanu Narayen lahir di Hyderabad. Ia telah menjadi CEO dan Ketua Adobe Inc. sejak 2007.

Setelah meraih gelar sarjana dari Osmania University, Hyderabad, Narayen kemudian meraih gelar MBA dari University of California, Berkeley.

Sebagai sosok yang lahir dari orang tua yang berorientasi pada pekerjaan, Narayen adalah pekerja keras dan menjadi besar di Apple sebelum bergabung dengan Adobe.

5. Ajaypal Singh Banga - CEO, Mastercard

Lahir dari pensiunan Letnan Jenderal India Harbhajan Singh Banga, Ajay Banga telah menjadi pelopor Mastercard sejak tahun 1990-an.

Setelah memimpin sebagai Presiden dan COO, Ajaypal Singh Banga diumumkan sebagai CEO baru pada April 2010. Banga, yang telah menjadi ketua Dewan Bisnis AS-India (USIBC), adalah alumnus Institut Manajemen India, Ahmedabad dan Universitas Delhi.

6. Rajeev Suri - CEO, Nokia Inc.

Potret Satya Nadella - CEO, Microsoft (wartaekonomi.co.id)

Lahir di New Delhi dan dibesarkan di Kuwait, Rajeev Suri telah menjadi CEO Nokia Inc. sejak April 2014.

Setelah bekerja untuk konglomerat yang beroperasi di India dan Nigeria, kerja keras Suri membawanya ke Nokia pada tahun 1995 di mana ia berada di puncak permainannya sejak saat itu.

Berbasis di Finlandia, Suri adalah warga negara Singapura dan merupakan alumni Institut Teknologi Manipal.

Itu tadi 6 dari sekian banyak tokoh India yang punya pengaruh besar di mata dua karena menduduki kursi CEO di beberapa perusahaan besar di dunia.

Keren ya? Semoga kamu juga terinspirasi untuk sukses seperti mereka ya ges.

Potret Rajeev Suri - CEO, Nokia Inc. (nokiapoeruser.com)