Deretan Fakta Drakor Racket Boys, Rating Anjlok Usai Dituduh Lecehkan Indonesia

Drakor Racket Boys menuai protes dari netizen Indonesia setelah ada adegan di episode 5 yang dianggap melecehkan Indonesia.

Drama Korea Racket Boys mendadak jadi pergunjingan publik setelah dituding melecehkan Indonesia. Tak ayal, gerakan protes dari netizen tanah air langsung menggema.

Seperti apa drakor Racket Boys ini beserta kontroversi yang menyertai? Berikut Paragram sajikan deretan faktanya.

1. Ceritakan Olahraga Bulu Tangkis

Sesuai namanya, Racket Boys ceritakan tentang cabang olahraga bulu tangkis. Menurut sang sutradara, Cho Young Kwang, tema ini dipilih lantaran bulu tangkis menarik lantaran jangkauannnya yang luas.

2. Dituding Lecehkan Indonesia

racket boys1 (instagram).jpg

Episode 5 Racket Boys menjadi kontroversi lantaran di episode ini dituding lecehkan Indonesia saat atlet remaja Korea Selatan sedang mengikuti pertandingan di Indonesia. Berikut dialognya dalam episode tersebut:

"Penginapannya buruk sekali. Mereka berlatih di tempat pertandingan dan kita dipaksa latihan di salah satu tempat latihan tua yang tidak terdapat AC, yang benar saja."

Perlakuan panitia Indonesia tersebut dianggap sebagai salah satu taktik dari tuan rumah untuk mempersulit kemenangan tim Korea Selatan. Selain itu ada juga dialog salah satu atlet yang mengkritik sikap suporter Indonesia.

3. SBS Minta Maaf pada Indonesia

racket boys3 (instagram).jpg

Menyikapi episode Racket Boys yang memancing kontroversi, netizen Indonesia kemudian ramai-ramai melayangkan aksi protes kepada SBS yang menyiarkan drama Racket Boys. Pihak SBS pun lewat akun instagramnya, @sbsnow_insta lantas meminta maaf dan berjanji akan lebih memperhatikan episode drama Racket Boys selanjutnya.

"Kami dari tim produksi menyampaikan permohonan maaf mengenangkan pertandingan yang tersiar di episode 5," tulis @sbsnow_insta pada 17 Juni 2021. "Kami tidak bermaksud untuk merendahkan negara, pemain, atau penonton tertentu."

"Namun demikian, kami mohon maaf atas beberapa adegan yang telah menyinggung pemirsa kami dari Indonesia," tandas akun tersebut. "Kami akan memperhatikan dengan seksama untuk episode selanjutnya."

4. Rating Racket Boys Langsung Drop

racket boys2 (instagram).jpg

Usai penanyangan episode yang memancing kontroversi tadi, rating Racket Boys di IMDB langsung terjun bebas menjadi 1,5 dari nilai maksimal 10 per tanggal 20 Juni 2021.

Malahan drama ini sempat berubah namanya di IMDB menjadi Racket Racist pada tanggal 19 Juni 2021 lalu.

racket boys4 (instagram).jpg