5 TKW yang Kini Kaya Raya karena Jadi YouTuber

Lima wanita ini merupakan mantan Tenaga Kerja Wanita (TKW) dan ada yang masih jadi TKW sukses jadi YouTuber.

YouTuber menjadi saah satu profesi yang digeluti banyak orang, termasuk kelima wanita yang sebelumnya dikenal sebagai Tenaga Kerja Wanita (TKW) di beberapa negara tetangga Indonesia. Mereka kini mendapatkan penghasilan besar dari konten-konten yang mereka buat sebagai YouTuber.

1. Zhiee Leely

Leli Lestari atau Zhiee Leely merupakan TKW yang bekerja di pabrik tahu di Korea Selatan. Zhiee memutuskan jadi YouTuber pada 2017 silam. Di konten YouTube miliknya, dia fokus menampilkan makanan makanan Korea hingga barang-barang swalayan yang dijual di sana. Kini setelah kembali ke Indonesia dia muncul dengan konten aktivitas sehari-hari. Saat ini sudah ada 600 ribuan jumlah subscriber.

2. Farida Nurhan

Farida selama belasan tahun menjadi TKW di Singapura dan Hong Kong. Farida identik dengan vlogger yang menampilkan konten makanan. Saat ini ia memiliki subscriber 3,4 juta. Uang yang diperoleh dari YouTube ia investasikan dalam bidang properti, seperti apartemen dan merintis bisnis kuliner.

Zhiee Leely (YouTube Ziee Leely)

3. Nindi Yusinta

Nindi sempat bekerja jadi TKW di Korea Selatan. Nindi dikenal sebagai YouTuber yang  menampilkan konten-konten tentang makanan dan vlog kesehariannya.Nindi yang sempat membuat vlog saat kunjungi Korea Selatan kini sudah memiliki 25 ribu subscriber.

Farida Nurhan (YouTube Farida Nurhan)

4. Isa Yang

Isa merupakan TKW yang masih aktif sampai sekarang. Ia kini bekerja jadi TKW di Taiwan sebagai asisten rumah tangga. Karena memiliki jumlah subscriber lebih dari 463 ribu ia mendapatkan silver play button dari YouTube. Isa sering membuat konten mengajak majikan dan keluarga majikan di YouTube.

Nindi Yusinta (YouTube Nindi Yusinta)

5. Nikmatul Rosidah

Nikmatul merupakan YouTuber yang sering menampilkan konten memasak. Pernah menjadi TKW di Hong Kong selama beberapa tahun kini YouTuber yang sudah memiliki subscriber 1,4 juta ini kini sudah menjadi ibu rumah tangga setelah dinikai pria bule. Dari pernikahannya sekarang dikaruniai 3 orang anak.

Isa Yang (YouTube Isa Yang 123)

Tentunya kesuksesan kelima perempuan tersebut bisa memberikan inspirasi kepada para TKW-TKW lain yang masih berjuang di luar Indonesia. Siapa tahu ingin mengikuti kesuksesan mereka yang kini sukses.

Nikmatul Rosidah (YouTube Nikmatul Rosidah)