5 Pemakaman Termewah di Indonesia, Jauh dari Kesan Angker

Di Indonesia terdapat beberapa kompleks pemakaman mewah dan mahal, berapa bayar sewanya?

Kompleks pemakaman mewah terdapat di Indonesia. Memang paling banyak pemakaman itu terdapat di kawasan Karawang, Jawa Barat. Sudah banyak para pejabat, pengusaha, artis, dan orang kaya lain yang jenazahnya dimakamkan di sana. Pemakaman ini berbeda dibandingkan tempat pemakaman umum (TPU) yang ada di Indonesia. Kesan angker sama sekali tak terlihat.

1. San Diego Hills

Nama pemakaman ini paling terkenal sebagai salah satu kompleks pemakaman yang mewah dan mahal. Lokasi San Diego Hills berada di Karawang, Jawa Barat. Berada di lahan yang sangat luas, San Diego Hills memiliki harga makam yang mahal mulai dari harga Rp 100 jutaan hingga Rp 1,2 miliar.

Pihak pengelola juga membangun San Diego Hills dengan beragam fasilitas seperti sarana olahraga, forestcapel, hingga danau yang berada di tengah pemakaman. Bila dilihat memang San Diego Hills lebih terlihat sebagai taman yang sangat indah.

2. Al Azhar Memorial Garden

Al Azhar Memorial Garden menjadi kompleks pemakaman khusus muslim yang berada di Karawang, Jawa Barat. Pemakaman ini menjadi salah satu pemakaman muslim khusus di Indonesia. Luas tanah di Al Azhar berada di 25 hektar. Al Azhar Memorial Garden terdiri  atas 30 ribu unit kavling pemakaman, rest area, taman, dan masjid.

San Diego Hills (Indozone)

3. Taman Kenangan Lestari

Taman Kenangan Lestari terletak di Karawang, Jawa Barat. Taman Kenangan Lestari atau Lestari Memorial Park berada di Karawang, Jawa Barat. Beragam variasi harga makam ditawarkan pengeloka, mulai dari harga Rp 27,8 juta, Rp 55,6 juta, hingga Rp 192 juta.

Al Azhar Memorial Garden (Wikipedia)

4. Raudlatul Jannah Memorial Park

Raudlatul Jannah Memorial Park terdapat di Karawang, Jawa Barat. Raudlatul Jannah Memorial Park merupakan pemakaman khusus bagi orang yang beragama Islam. Di pemakaman ini memiliki harga yang variasi untuk satu lahan makam, mulai dari Rp 39 juta hingga Rp 209 juta.

Taman Kenangan Lestari (Rumah.com)

5. Heaven Memorial Park

Heaven Memorial Park berlokasi di Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Bogor Jawa Barat. Kalau pemakaman ini khusus untuk masyarakat  keturunan Tionghoa. Di lahan seluas 125 hektar, Heanven Memorial Park dibagi dalam tiga tipe yakni tipe single, gold, hingga platinum. Untuk single seharga Rp 27,3 juta, gold sekitar Rp 35,9 juta, dan terakhir platinum memiliki tarif hampir Rp 40 juta.

Raudlatul Jannah Memorial Park (Sales San Diego Hills)

Beberapa orang banyak yang sudah memesan lahan makam di beberapa pemakaman mewah tersebut kelak saat yang bersangkutan meninggal dunia. Artis Bunga Citra Lestari salah satunya yang sudah memesan makam tepat di sebelah makam mendiang suaminya, Ashraf Sinclair yang dimakamkan di San Diego Hills pada 2020 lalu.

Heaven Memorial Park