Bahaya Bawa Ponsel ke Tempat Tidur, Sering Banget Kamu Langgar Nih!

Godaan bermain HP sambil tiduran memang sangat sulit dihindari. Tapi tahukah kamu bahwa ada bahaya mengintai apabila kita terbiasa main HP sebelum tidur?

Sebagian besar orang beranggapan bahwa bermain handphone sebelum tidur dapat membantu kita mengantuk dan tertidur pulas. Namun tahukah kamu  bahwa fakta yang terjadi adalah sebaliknya? Ada bahaya mengintai apabila kita terbiasa main HP sebelum tidur.

Faktanya, godaan untuk bermain HP sambil tiduran di atas kasur empuk memang sangat sulit dihindari. Namun, harus kita ketahui bahwa memggunakan barang elektronik satu ini bisa membawa dampak yang begitu serius bagi kesehatan.

Berikut adalah bahaya bermain HP sebelum tidur bagi kesehatam menurut riset dari peneliti Harvard University.

1. Menghambat Fase Tidur Rapid Eye Movement (REM)

Fase tidur Rapid Eye Movement, atau biasa disingkat dengan REM adalah fase yang penting untuk memulihkan pikiran dan tubuh. Fase ini dapat memperkuat ingatan, keterampilan hingga kemampuan untuk menyelesaikan masalah.

Ternyata, bermain HP sebelum tidur bisa mengganggu fase ini. Jika tubuh tidak cukup mendapatkan fase REM, maka saat bangun tidur kita akan merasa pening dan kurang konsentrasi.

2. Mengganggu Pikiran Sebelum Tidur

Bahaya Main HP (via Popmama)

Seperti dilansir dari Cleveland Clinic, bermain HP dapat merangsang otak sehingga membuat kita menjadi lebih aktif dan tetap terjaga sehingga kita akan sulit tidur.

3. Menurunkan Produksi Hormon Melatonin

Bahaya Main HP (via Kompas)

Hormon Melatonin adalah hormon yang diproduksi oleh kelenjar pineal di dalam tubuh. Produksi Hormon Melatonin dapat terhambat akibat cahaya biru yang dipancarkan oleh layar HP. Saat produksi hormon melatonin terhambat, kita bisa terserang insomnia, kelelahan di siang hari hingga mudah marah.

4. Membuat Kita Menjadi Waspada

Bahaya Main HP (via Pikiran Rakyat)

Dampak negatif dari HP yang dimainkan sebelum tidur dapat membuat kita merasa lebih waspada dan akhirnya membuat kita menunda waktu tidur. Pastinya kamu tahu dong, bahwa kurang tidur bisa menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius.

5. Merusak Kesehatan Mata

Bahaya Main HP (via Tribunnews)

Menggunakan HP sambil tiduran mengundang bahaya besar untuk mata. Jarak yang terlalu dekat dengan mata saja sudah cukup mengancam, ditambah lagi kamu akan menempatkan indra penglihatan di posisi yang salah untuk waktu yang lama.

Selain itu efek lain apabila kita bermain HP sebelum tidur bisa membuat kita terbangun dengan rasa letih, kantuk dan bisa membuat kita bangun kesiangan.

Bahaya Main HP (via Okezone)