Bahaya Sering menggunakan Headset , Buat Kamu Penggunanya Wajib Tahu

Ternyata! Kebiasaan memakai Headset bikin akibat fatal.

Bekerja dengan intensitas yang lama lambat laun akan memberikan titik jenuh yang luar biasa. Banyak cara tuk menyiasati kejenuhan-kejenuhan tersebut. Salah satunya adalah mendengarkan musik dengan menggunakan Headset.

Namun tahukah kamu bahwa apabila kita terlalu intens menggunakan headset maka akan membahayakan hidup kita loh gaes. Banyak dampak bahaya dari alat bantu dengar ini. Kamu harus mengenali beberapa akibat karena sering menggunakan headset.

1. Kerusakan Telinga Permanen

Salah satu dampak dari bahayanya penggunaan headset secara rutin ialah mengalami kerusakan telinga rutin. Hal ini diakibatkan karena frekuensi suara yang diterima gendang telinga kita akan mengikis sedikit-dei sedikit pertahanan nya, sehingga pada titik tertentu maka telinga kita akan rusak. 

Ditambah dengan frekuensi secara permanen dapat menimbulkan pecahnya gendang telinga kita. Hii... serem banget yak, mulai sekarang buat kamu yang sering dan gabisa lepas dari yang namanya headset, mulai pelan-pelan mengurangi penggunaanya, kalo ngeyel tanggung sendiri lo akibatnya.

2. Kehilangan Pendengaran

Dimasa muda intensitas menggunakan headset sangat banyak sekali, entah mau kesekolah, entah pulang sekolah, kerja, dan olahraga. Maka dari itu berpeluang besar terkena ganguan pendengaran. Apalagi pasti kurang mantap buila volumenya tidak keras, itulah yang sangat memicu kehilangan pendengaran.

Ada baiknya berikan jeda setiap kamu menggunakan headset semisal satujam sekali berhenti. Lebih baik lagi ya kurangi pemakaian headset maka kamu akan terhidar dari kehilangan pendengaran. Kehilangan pendengaran di masa muda kan gak lucu juga gaes.

3.Jarak Pendengaran Berkurang

Terlalu sering menggunakan headset akan mengurangi jarak pendengaran kamu. Semisal semula kamu bisa mendengar dengan jelas dengan jarak 5 meter namun dengan penggunaan headset secara berlebih maka kamu hanya bisa mendengar dengan jelas sejauh 3 meter.

Pengunaan headset yang berlebih akan mengakibatkan kerusakan pada telinga. (Quora.com)

Ini masalah yang serius karena bila terus kamu lakukan kebiasaan buruk itu maka lama-lama jarak 1 meter pun kamu akan tidak jelas. Maka mulai latih kembali kepekaan kuping kamu dan kurangi intensitas penggunaan headset.

4.Kerusakan Otak

Dampak yang lebih serius lagi adalah, dengan kecenderungan menggunakan earphone maka akan mengakibatkan kerusakan pada otak kita. Hal ini dikarenakan gelombang pada headset akan memancarkan gelombang elektromagnetik dan radiasi. Apabila glombang itu memancar terus-menerus maka lama kelamaan sel pada otak kita akan rusak.

Pendengaran akan berkurang bila rutin mengunakan headset (consultqd.clevelandclinic.org)

Hal ini di buktikan pada sebuah penelitian yang menggunakan media tikus sebagai objek nya. Dan dilakukan lah percobaan pendengaran dengan volume keras di headset. Hasilnya otak tikus perlahan layu dan menimbulkan kerusakan pada sang tikus. 

Jadi kamu pengguna headset Akut? Ada baiknya kamu mengikuti beberapa saran agar meninggalkan headset itu sekarang juga, dari pada terjadi yang tak di'inginkan kan bisa runyam. Selain itu kamu juga akan selamat dari kerusakan otak dan ketulian.

Otak akan rusak apabila sering terkena radiasi pada headset (nl.dreamstime.com)