Hati-Hati! Ini Bahaya Menggunakan Lensa Kontak Setiap Hari

Berhati-hatilah jika menggunakan lensa kontak setiap hari, ini dampak buruknya bagi kesehatan mata

Banyak orang yang lebih memilih menggunakan lensa kontak sebagai alternatif untuk mengganti kacamata. Selain lebih praktis dan mudah, lensa kontak juga bisa menunjang penampilan pemakainya. Namun, ternyata mmenggunakan lensa kontak setiap hari menimbulkan beberapa dampak yang tidak baik untuk kesehatan mata. Berikut beberapa kemungkinannya.

1. Reaksi Alergi pada Mata

Penggunaan lensa kontak dalam jangka waktu yang lama bisa menimbulkan reaksi alergi pada mata. Hal ini bisa disebabkan karena penggunaan lensa kontak yang kurang tepat, jenisnya yang tidak sesuai, atau kesalahan yang dilakukan sehingga memicu adanya reaksi alergi pada mata.

2. Konjungtivitas Kronis

https://www.freepik.com/

Dampak lain yang bisa disebabkan akibat penggunaan lensa kontak dalam jangka waktu yang panjang adalah giant papillary conjunctivitis (GPC). Lensa kontak berpotensi menjadi tempat tumbuhnya mikroorganisme yang dapat berbahaya bagi mata.

Oleh karena itu, menjaga kebersihan lensa kontak adalah sesuatu yang sangat penting.

3. Menyebabkan Mata Menjadi Kering

https://www.freepik.com/

Mata dapat berfungsi dengan baik ketika kelembabannya terjaga dengan baik. Menggunakan lensa kontak dapat memengaruhi lapisan air mata sehingga menyebabkan mata kering. Hal ini disebabkan karena lensa kontak dirancang lembab sehingga dapat menyerap kadar air pada mata. Sebaiknya jangan menggunakan lensa kontak terlalu lama dan sering.

https://www.freepik.com/