Jangan Ditahan, Ini 3 Manfaat Kentut Untuk Kesehatan!

Yuk, cari tahu apa sih manfaat kentut untuk kesehatan! Jangan sering ditahan, lho!

Pernah nggak sih kamu ingin kentut di depan umum atau saat di keramaian? Seringkali orang memilih untuk menahannya karena malu. Kentut sendiri merupakan gas yang dihasilkan tubuh yang disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya akibat proses pencernaan makanan, sehingga tak jarang menimbulkan bau tidak sedap. Meskipun begitu, ternyata kentut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Penasaran, apa aja sih manfaat kentut? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

1. Menjaga Kesehatan Usus Besar

Menahan kentut dapat membuat iritasi pada usus besar dan juga wasir. Saat gas dalam perut tidak bisa dikeluarkan, hal ini tentu akan membatasi gerak usus, sehingga membuat rasa tidak nyaman, rasa nyeri hingga sembelit. Oleh karena itu, hanya dengan kentut kamu telah menjaga kesehatan usus besarmu.

freepik.com

2. Peringatan Dini pada Alergi Makanan

Pada umumnya, gejala yang sering dialami saat mengalami alergi adalah rasa gatal atau timbul ruam pada kulit. Ternyata, kentut juga bisa menjdi indikasi bahwa kamu mengalami alergi makanan. Dilansir dari Healthline, saat seseorang mengonsumsi makanan yang menyebabkan alergi, tubuh akan menghasilkan gejala sebagai tanda bahwa saluran pencernaan sedang terganggu. Gejala yang dialami, diantaranya adalah diare, mual, kembung dan buang angin.

freepik.com

3. Menunjukkan Kondisi Bakteri Usus

Jika kamu lebih sering kentut, jangan terburu-buru berpikir bahwa kamu sedang tidak sehat. Bisa jadi hal ini menunjukkan bahwa usus dalam keadaan baik, karena mirobioma dalam usus bekerja lebih efisien. Beberapa makanan yang dapat memberikan makan bagi mikrobioma di dalam usus, seperti kembang kol, kubis, dan kubis brussel.

freepik.com