Buah Merah dan Sayuran yang Baik Buat Kesehatan, Mau Tahu Daftarnya? Nih

Mau tahu rahasia buah merah dan sayuran yang baik buat kesehatan? Begini kandungan yang bisa bermanfaat bagi tubuhmu. Simak ya...

Berdasarkan aturan baku pada makanan, makanan yang berwarna merah lebih banyak mengandung nutrisi. Daftar buahnya sebagai berikut.

1. Cranberries

2. Delima

3. Cherry

4. Raspberry

5. Strawberry

6. Semangka

7. Apel merah

8. Anggur merah

9. Pir merah

10. Tomat

11. Jambu

Selain buah tersebut diatas, bisa ada juga sayur-sayuran yang berwarna merah. Ini nih daftar sayurannya.

1. Paprika merah

2. Kacang merah

3. Cabe merah

4. Bit

5. Bawang merah

6. Kentang merah

Buah merah (amwayconnestions.com)

Mengapa buah dan sayur berwarna merah ini baik untuk kesehatan?

Hampir semua makanan yang berwarna merahh secara alami mengandung rendah kalori dan sodium. Karena mengandung karotenoid yang disebut dengan lycopene maka sayuran dan buah ini berwarna merah. Lycopene ini bisa melindungi dari kanker paru-paru, kanker payudara, kanker kulit, kanker kolon dan kanker aesophagus. 

Empat macam zat antioksidan seperti anthocyanins, lycopene, flavonoids dan resvarotrol pada sayur dan buah merah bisa memperkuat kerja mata. Belum lagi bisa membuat tekanan darah semakin stabil. Kalo mau lebih jelas lagi, coba deh simak kandungan dan manfaat makanan berwarna merah ini.

1. Tomat

Tomat merah yang disebut sebagai buah mengandung lycopene tinggi. Zat yang dikandung ini bermanfaat buat memerangi kanker prostat, kanker kolon, dan aesophagus. 

2. Strawberry

Folat, potassium dan vitamin C bisa ditemukan pada strawberry. Vitamin C bisa jadi antioksidan yang meningkatkan sistem ketahanan tubuh. Bisa juga menurunkan kadar kolesterol buruk. Ternyata, strawberry lebih banyak mengandung vitamin C dibanding jeruk lho.

3. Cranberry

Cranberry bisa membantu menyembuhkan infeksi saluran kencing. Buah ini bisa menghentikan berkembangan bakteri. Selain itu juga bisa menyembuhkan luka pada lambung. Ini disebabkan karena cranberry banyak mengandung antioksidan jenis proanthocyanidin.

4. Cherry

Warna merah gelap disebabkan kandungan anthocyanins pada cherry. Kandungan tersebut bisa membuat tubuhmu bisa melawan radikal bebas dan memperlambat penuaan. Sel kulit mati bakal ditumpas sama buah cherry.

5. Raspberry

Buah raspberry kaya serat yang bisa menurunkan LDL atau kolesterol jahat dalam darah. Selain itu buah ini diperkaya dengan zinc, niacin, potassium dan flavanoid. 

6. Paprika merah

Pilihan terbaik buat meningkatkan sistem pertahanan tubuh adalah paprika merah. Kandungan di dalamnya ada vitamin A, C, B6, E, folat. Selain itu, paprika merah hanya mengandung 30 kalori.

7. Kacang merah

Fungsi saraf bisa ditingkatkan dengan mengonsumsi sayuran ini. Itu karena adanya kandungan serat, zinc, vitamin B. Selain itu juga mengandung potassium dan folat.

8. Semangka

Lycopene yang dikandung semangka bisa menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke. Juga bisa menurunkan kandungan LDL dalam darah. Buah warna merah ini bisa juga menurunkan resiko terserang kanker prostat dan penurunan kinerja otot.

9. Bit

Manfaatnya buat kesehatan antara lain menurunkan tekanan darah, menambah kekuatan dan memperlancar peredaran darah. Nutrisi yang dikandung buah bit adalah serat, potassium, vitamin C, nitrat, dan folat.

10. Delima

Delima diperkaya antioksidan yang bisa melawan kanker, khususnya kanker prostat. Buah ini mengandung anti-inflamantori yang bisa mengurangi peradangan di seputar tubuh. Bisa juga menurunkan bahaya stres.

Buah dan sayur warna merah yang kaya nutrisi (pinterest.com)

Setelah tahu kandungannya, yuk demi kesehatan makan buah dan sayur merah ini dengan cukup. Lumayan juga untuk dikonsumsi saat sedang diet. 

Buah delima (joyofkosher.com)