Sudah Tahu Belum? Batu Empedu Babi Ternyata Punya Manfaat yang Luar Biasa, Harganya Pun Fantastis!

Sudah Tahu Belum? Batu Empedu Babi Ternyata Punya Manfaat yang Luar Biasa, Harganya Pun Fantastis!

Berbagai batu temuan bisa jadi memiliki harga mahal. Apalagi jika itu batu bersejarah, atau punya nilai estetika tinggi. Semakin cantik atau semakin langka dan punya nilai histori, biasanya akan semakin mahal harga sebuah batu. 

Bicara soal batu berharga yang nilainya mahal. Kamu pernah dengar gak ges, kalau ada jenis batu lain yang juga punya nilai tinggi? DIa adalah batu empedu babi. Konon siapa yang memiliki batu ini ini bisa auto kaya.

Waduh! batu apa lagi tuh? Bedanya sama batu empedu manusia apa ya? Kalau penasaran, simak deh informasinya berikut ini!

# Batu Empedu Babi atau Benzoar Bernilai Tinggi

Babi adalah binatang yang dikenal pemalas. Makanya dagingnya empuk dan berlemak banget. Itu karena dia jarang gerak dan hanya makan tidur aja kerjaannya. 

Namun, selain hewan pemalas yang dagingnya bisa dimakan. Ternyata babi juga punya keunggulan lainnya lho ges! Tepatnya di bagian empedu. 

Batu empedu babi kabarnya berbentuk seperti gumpalan batu dan biasanya berbulu. Batu ini diklaim bisa bikin pemiliknya kaya raya mendadak. Sebab harga batu empedu babi ini kabarnya lebih mahal dari harga muntahan paus.

Salah seorang di Tiongkok bahkan pernah menjual batu empedu ini dengan harga setara Rp8,1 miliar. 

Penampakan batu empedu babi (facebook.com)

# Manfaat Benzoar untuk Kesehatan Manusia

Meski kedengarannya jijik, karena berada di empedu babi. Ternyata benzoar ini memiliki manfaat yang luar biasa lho! Batu empedu yang berasal dari makanan dan nutrisi ini muncul karena nutrisi tadi tak terserap baik. Kemudian tertimbun deh di empedu.

Benzoar dihargai mahal karena kelangkaannya dan manfaatnya untuk manusia. Batu empedu babi ini menurut sejarah bahkan sudah lama digunakan sebagai obat untuk penghilang racun manusia. 

Pada tahun 1600-an misalnya. Di Inggris benzoar disebut sebagai obat ajaib dan masih digunakan sampai sekarang di daratan Tiongkok. Bahkan semahal apa pun harganya, ia selalu laku di pasaran. 

Semakin besar benzoar, semakin mahal harganya (wikimedan.com)

# Sempat Masuk di Film "Harry Potter"

Saking populer dan bermanfaatnya. Khasiat benzoar sampai dijadikan sebuah scene di film "Harry Potter". Batu empedu babi bahkan dibahas oleh Profesor Snape di kelas ramuan.

Baik di film maupun di dunia nyata. Khasiat batu empedu ini sangat bermanfaat. Batu ini juga digunakan Harry saat menolong Ron yang keracunan.

Profesor Snape pernah bahas tentang benzoar di kelas ramuan (celebrity.okezone.com)

# Apakah Benzoar Bisa Ditemukan di Indonesia?

Karena di Indonesia mayoritas muslim, maka tidak banyak peternakan babi yang ada. Kalaupun ada, belum ada tanda-tanda ditemukannya batu empedu babi di dalam tubuh babi yang diternakkan. Meskipun begitu, ada juga kok yang jual batu empedu di online store.