Beruntung Banget, Warga Kampung di Takalar Jadi Kaya Mendadak Berkat Bendungan Pamakkulu

Beruntung Banget, Warga Kampung di Takalar Jadi Kaya Mendadak Berkat Bendungan Pamakkulu

Warga di salah satu kampung Sulawesi Selatan, yaitu Desa Kalekomara, Kecamatan Polongbangkeng Utara, Kabupaten Takalar, tiba-tiba menjadi kaya mendadak. Ditemukan 1 unit mobil atau motor baru terparkir di depan rumah setiap warga. Tentu saja ini merupakan hal yang sangat ganjil bagi semua warga Desa Kalekomara.

Lalu, apa yang sedang benar-benar terjadi? Mengapa warga Desa Kalekomara tiba-tiba kaya mendadak?

Jadi, hal tersebut terjadi karena proyek bendungan Pamukkulu. Yup, bendungan terbaru di Sulawesi Selatan ini sebenarnya sudah dibangun sejak tahun 2017 dengan menggunakan lahan seluas 593 hektar dan baru dibebaskan sebesar 269 hektar.

Nggak cuma melepas lahan begitu saja, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Takalar, Muhammad Naim mengatakan kalo sudah mencairkan dana sebesar 476 milyar untuk 444 warga sebagai ganti rugi. 

Warga Desa Kalekomara di Sulawesi Selatan kaya mendadak (tribunnews.com)

Selain mengambil alih laham pemukiman warga, bendungan ini pun nantinya akan memberikan banyak manfaat untuk masyarakat sekitar, khususnya irigasi pertanian dan pembangkit listrik.

Warga yang menerima uang ganti rugi pun akan memperoleh kompensasi yang dikirimkan melalui rekening Bank Rakyat Indonesia. Pihak bank pun yang akan membuatkan para penerima rekening baru.

Warga Desa Kalekomara di Sulawesi Selatan kaya mendadak (tribunnews.com)

Jelas saja, warga Takalar merasa senang bukan main. Apalagi, belum semua dana sepenuhnya selesai. Akan tetapi, warga Takalar tak sabar untuk segera membelanjakan segala uangnya sehingga ditemukan terdapat banyak mobil dan motor yang terparkir di setiap rumah warga.

“Saya terima satu miliar lebih dan saat terima uang saya langsung beli mobil dan dua unit motor karena bingung juga uang sebanyak ini mau diapakan,” kata Harlina (31), warga Dusun Pamukulu, kepada Kompas.com pada Rabu (19/5/2021).

Warga Desa Kalekomara di Sulawesi Selatan kaya mendadak (kompas.com)