4 Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Cryptocurrency, Apa Saja?

4 Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Cryptocurrency, Apa Saja?

Cryptocurrency (atau "crypto") adalah mata uang digital yang dapat digunakan untuk membeli barang dan jasa, tetapi menggunakan buku besar online dengan kriptografi yang kuat untuk mengamankan transaksi online. Sebagian besar minat dalam mata uang yang tidak diatur ini adalah untuk berdagang demi keuntungan.

Berikut tujuh hal yang perlu kamu tentang cryptocurrency, dan apa yang harus diperhatikan.

1. Apa Itu Cryptocurrency?

Cryptocurrency adalah bentuk pembayaran yang dapat ditukar secara online dengan barang dan jasa. Banyak perusahaan telah menerbitkan mata uang mereka sendiri, sering disebut token, dan ini dapat diperdagangkan secara khusus untuk barang atau jasa yang disediakan perusahaan. Uang ini seperti token arcade atau chip kasino. Kamu perlu menukar mata uang nyata dengan cryptocurrency untuk mengakses barang atau layanan.

Cryptocurrency bekerja menggunakan teknologi yang disebut blockchain. Blockchain adalah teknologi terdesentralisasi yang tersebar di banyak komputer yang mengelola dan mencatat transaksi. Bagian dari daya tarik teknologi ini adalah keamanannya.

Beberapa Cryptocurrency di dunia (techrepublic.com)

2. Ada Berapa Cryptocurrency di dunia?

Lebih dari 6.700 cryptocurrency berbeda diperdagangkan secara publik, menurut CoinMarketCap.com, situs web riset pasar. Dan cryptocurrency terus berkembang biak, mengumpulkan uang melalui penawaran koin awal, atau ICO. Nilai total semua cryptocurrency pada 13 April 2021, lebih dari $ 2,2 triliun, menurut CoinMarketCap, dan nilai total semua bitcoin, mata uang digital paling populer, dipatok sekitar $ 1,2 triliun. 

3. Apakah Cryptocurrency merupakan investasi yang bagus?

Cryptocurrency mungkin naik nilainya, tetapi banyak investor melihatnya sebagai spekulasi belaka, bukan investasi nyata. Alasannya? Sama seperti mata uang nyata, cryptocurrency tidak menghasilkan arus kas, jadi agar kamu mendapat untung, seseorang harus membayar lebih banyak untuk mata uang tersebut daripada kamu.

4. Bagaimana Cara Membeli Cryptocurrency?

Sementara beberapa mata uang kripto, termasuk Bitcoin, tersedia untuk dibeli dengan dolar AS, yang lain mengharuskanmu membayar dengan bitcoin atau mata uang kripto lainnya.

Cryptocurrency tahun 2021 (statista.com)

Untuk membeli mata uang kripto, kamu memerlukan "dompet", aplikasi online yang dapat menyimpan mata uang Anda. Umumnya, kamu membuat akun di bursa, dan kemudian kamu dapat mentransfer uang nyata untuk membeli cryptocurrency seperti Bitcoin atau Ethereum.

Itu cuma sekelumit informasi soal cryptocurrency, nah untuk lebih lengkapnya kamu cari tahu sendiri ya!

Dompet kripto Coinbase (tekno.kompas.com)