Dokter Beberkan Penyebab Aurel Hermansyah Keguguran

Dengan usia kandungan yang masih 1 bulan, Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar harus merasakan pahitnya keguguran. Kira-kira apa yang penyebabnya?

Setelah sempat berusaha, Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar beberapa waktu lalu mengumumkan kehamilan. Sayangnya, baru satu bulan mengandung, Aurel justru mengalami pendarahan yang berakhir dengan keguguran. 

Kandungan Aurel sejak awal memang menuai kekhawatiran karena ukurannya yang terbilang kecil jika dibandingkan dengan standard normal. Faktanya, ketakutan putri sulung Anang Hermansyah itu akhirnya benar-benar terbukti.

Keguguran yang dialami Aurel ini pun menuai berbagai respon dan tanda tanya. Banyak yang penasaran kenapa hal itu bisa terjadi. Salah satu yang berusaha menjawab pertanyaan itu adalah Yassin Yanuar Mohammad, dokter spesialis kandungan di RS Pondok Indah.

"Jadi hamil sebelum 20 minggu bayinya sudah lahir itu disebut keguguran," ungkap Yassin, pada Rabu (19/5), sebagaimana dilansir dari Liputan6.

Aurel Hermansyah keguguran (Instagram @aurelie.hermansyah)

Yassin juga menjelaskan tentang kasus early pregnancy loss, atau keguguran dini. Biasanya hal ini terjadi pada usia 12 atau 13 minggu di trimester pertama. Tanpa melihat kasus yang dialami Aurel, keguguran ini biasanya terjadi karena adanya masalah pada janin.

"Saya tidak bicara tentang Aurel, tapi secara umum masalah janin di trimester pertama disebabkan kelainan kromosom. Jadi kelainan ini sifatnya genetik sehingga janinnya tidak memiliki kemampuan untuk tumbuh lebih jauh lagi," lanjutnya.

Aurel Hermansyah keguguran (Instagram @aurelie.hermansyah)

"Jadi setiap kehamilan itu selalu ada risiko yang bisa dialami oleh setiap orang. Pada kehamilan kedua memang ada risiko untuk mengalami keguguran lagi atau mengalami kelainan genetik pada janinnya sekitar 10 sampai 15 persen juga," lanjut sang dokter, terkait kasus keguguran yang baru saja dialami Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar.

Aurel Hermansyah keguguran (Instagram @aurelie.hermansyah)