Ada Pemainnya Bela Palestina, Arsenal Kena Semprot Sponsor

Arsenal berada di posisi sulit setelah mendapat teguran dari sponsor dan Dewan Yahudi akibat cuitan salah satu pemainnya yang mendukung Palestina

Simpati pemain Arsenal, Mohamed Elneny yang mendukung kebebasan Palestina berbuntut panjang. Banyak pro dan kontra merespon dukungan Elneny lewat media sosial.

Awal mula, Elneny sempat menuliskan cuitan untuk mengekspresikan simpati dan solidaritas kepada Palestina dalam konfliknya dengan Israel. "Hati, jiwa, dan dukungan saya, untukmu Palestina," tulis Elneny.

Buntut Cuitan Elneny, Arsenal Ditegur Sponsor dan Dewan Yahudi

Ekspresi Elneny ungkapkan simpati kepada Palestina rupanya mengganggu internal Arsenal. Salah satu sponsor The Gunners, Lavazza Group merasa cuitan Elneny tak lagi sesuai dengan visi dan misi perusahaan.

"Konten yang diunggah tak sesuai dengan nilai perusahaan. Lavazza Group secara penuh mendukung rasisme dan anti-semitisme," ujar perwakilan resmi dari Lavazza Group seperti dikutip Daily Mirror.

Selain ditentang salah satu sponsornya, Arsenal juga menuai kritik dari Dewan Yahudi Inggris, Tal Ofer yang aktif menghubungi sponsor Arsenal. "Saya sedih Arsenal tak mau menyikapi hal ini dengan serius. Saya berharap mereka lebih baik dari ini," ungkap Ofer seperti dikutip dari RT.

cuitan Elnenny (twitter).jpg

Tanggapan Arsenal

Arsenal sendiri berada kondisi terdesak menanggapi protes dari sponsornya dan juga Dewan Yahudi. Manajemen Arsenal disebut bakal bicara dengan Elneny terkait dengan cuitannya tersebut.

Sekalipun begitu, Arsenal juga berada dalam di posisi sulit. Karena sekalipun terus ditekan sponsor dan Dewan Wahyudi, Arsenal juga terima banyak protes lantaran tak menujukkan empatinya kepada krisis di Palestina.

elnenny (instagram)