Tidur Siang Menjadi Pilihan Tepat untuk Istirahat

Tidur Siang Menjadi Pilihan Tepat Saat Berpuasa, Begini Penjelasannya

Ketika berpuasa, tubuh pasti mudah terasa lemas dan letih. Hal ini wajar, karena ketika puasa tubuhmu tidak menerima asupan apa pun. Kamu cuma boleh makan dan minum saat sahur dan berbuka. Nggak heran kenapa ketika berpuasa, kamu bakal lebih mudah mengantuk sehingga memutuskan buat tidur siang sejenak.

Dikutip dari Mayo Clinic, tidur siang sebenarnya bisa memberikanmu beberapa manfaat positif kalo kamu melakukannya dengan tepat. Jika tidur siang terlalu lama misalnya, hal tersebut justru malah tidak baik untuk tubuhmu.

Bila dilakukan dengan tepat, tidur siang saat puasa bisa memberi banyak manfaat kesehatan lho. Seperti relaksasi, mengurangi rasa lelah, meningkatkan kinerja, memperbaiki mood, serta meningkatkan daya ingat.

Tetapi nggak semua orang bisa melakukan tidur siang. Ada saja sebagian orang yang sulit untuk tidur siang. Selain itu, tidur siang terlalu lama juga tidak disarankan bagi orang-orang yang sering mengalami insomnia di malam hari. Hal itu bisa memperburuk kualitas tidurmu di malam hari.

Nah, kalo kamu ingin bisa memperoleh hasil maksimal buat kesehatan tubuh, berikut ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan. 

1. Tidur Siang Cukup 10 - 20 Menit

Tidur siang selama 10 hingga 20 menit saja sudah cukup banget, kok. Kalo kamu tidur terlalu lama, yang ada akan beresiko membuat kepala jadi pusing setelahnya. Tetapi buat orang dewasa yang masih muda, mungkin masih bisa ditolerir untuk tidur siang lebih lama.

Tidur Siang Cukup 10 - 20 Menit (liputan6.com)

2. Waktu Tidur Siang

Waktu tidur siang yang salah adalah di atas jam 3 sore karena beresiko akan mengganggu waktu tidurmu di malam hari. Di samping itu, ada faktor lainnya seperti usia dan obat-obatan yang kamu gunakan dan dapat berperan dalam menentukan waktu tidur siang yang tepat untukmu.

Waktu tidur siang (sehatQ.com)

3. Ciptakan Kondisi Lingkungan yang Tenang

Ingat, tidur siang di kondisi yang tenang, gelap dengan suhu kamar yang pas bakal bikin kamu merasa nyaman dan tidur nyenyak tanpa gangguan. Setelah tidur siang, berilah waktu sejenak untuk dirimu bangun sebelum beraktivitas.

Selain itu, selama berpuasa, kemungkinan besar kamu bakal mengalami peningkatan tidur siang dikarenakan rasa lemas dan letih yang dirasakan. Namun, jika kamu mengalami peningkatan kebutuhan tidur siang tanpa penyebab yang jelas, maka sebaiknya konsultasikan segera ke dokter, ya.

Ciptakan Kondisi Lingkungan yang Tenang (cnnidnonesia.com)