Mau Tau Cara Cepat Mengatasi Kepedesan? Cobain Cara-Cara Ini

Kepedesen emang ga enak banget rasanya, kenali tips penanganannya.

Makanan pedas emang enak banget. Ya, bagi yang favorit banget dengan cita rasa ini. Tapi kalo kita nggak suka gimana? Kita kan cuman suka yang tanggung-tanggung aja. 

Gengs, jaman gini semua bisa jadi mungkin. Mungkin suatu saat, kalian bakal menemukan situasi ketika kamu harus atau ga sengaja makan makanan pedas yang bikin kamu kepedesan. Gimana coba tuh?

Kalo kamu gak kuat makan pedes tapi apes dapet makan pedes dan kamu kepedesan, santai! Dalam situasi ini kamu gak boleh panik. Kamu cuman perlu praktekin beberapa tips mengatasi rasa pedas di bawah ini. Manjur kok, tapi harus sabar.

1. Minum susu

Minum segelas susu ternyata sangat ampuh untuk menghilangkan rasa panas di dalam mulut karena makanan pedas. Lemak yang terdapat di dalam susu terbukti mampu menetralisir sensasi terbakar yang ada pada mulut sehingga efek pedas bisa kabur dengan cepat.

Pedas yang luarbiasa akan menimbulkan rasa panas di mulut (portaltiga.com)

2. Minum air kelapa

Air kelapa muda terbukti ampuh tuk meredakan rasa panas pada lidah akibat efek pedas. Karena kandungan dalam air kelapa dapat menetralisir rasa tersebut. Selain itu, air kelapa juga bermanfaat menghilangkan dehidrasi pada tubuh. Terus, bisa juga mengantikan elektrolit yang habis karena aktivitas harian kamu.

3. Makan es krim

Sensasi dingin yang dalam es krim biasanya akan meredakan sensasi panas akibat rasa pedas. Dengan makan es krim, kita akan mendapatkan rasa dingin dalam mulut yang bisa menghilangkan rasa pedas.

4. Lemon

Minum jus lemon ternyata juga sangat efektif dalam meredakan rasa pedas pada mulut kita. Lemon mengandung asam yang bersifat alkali yang terbukti ampuh menetralisir rasa pedas. Kalau kamu salah makan dan kepedesan cobain aja deh pesen jus lemon dan rasakan khasiatnya. Kalo ga ada, kamu bisa ganti dengan jeruk nipis gengs.

5. Minum madu

Rasa manis alami yang terdapat di dalam madu bisa dijadikan solusi pereda rasa pedas pada mulut kamu. Pasalnya, kandungan madu bisa mendinginkan dan mengobati rasa perih dan terbakar karena makanan berbahan cabai. Jadi kalau kepedesan coba aja cari madu dan praktekin deh.

Air kelapa mampu menetralisir rasa pedas (sry-ayuni.blogspot.com)

6. Makan cokelat

Cokelat disinyalir mampu meredakan rasa pedas yang terjadi dalam mulut. Kandungan lemak yang tinggi pada cokelat terbukti ampuh menetralisir efek rasa terbakar pada mulut karena kepedesan. Kalau kamu makan pedes, jangan lupa sediakan cokelat di kantong, buat jaga-jaga aja.

7. Selai kacang

Kandungan yang terdapat pada selai kacang terbukti fantastis meredakan kepedasan pada kita. Hal ini karena kandungan lemak yang terdapat pada kacang dapat mengangkat rasa panas yang ada pada mulut dan menimbulkan efek dingin. Boleh juga ternyata selai kacang ini, coba ah nanti.

Nah, banyak bener ya penangkal rasa panas untuk mulut saat kita kepedesan. Jadi gak perlu panik lagi kalau ada acara dan kamu di ajak makan pedes. Cukup kamu sediakan beberapa bahan yang disebutkan di atas dan atasi rasa kepedesanmu.

Coklat bisa meredakan rasa pedas. (tipsperawatancantik.com)