Awas Jangan Sering Pakai Software Bajakan Untuk Perangkat, Ini Akibatnya

ini loh akibatnya kalau suka download software dan aplikasi bajakan

Memiliki sebuah aplikasi full version atau yang versi gratis tanpa berbayar memang merupakan keinginan dari banyak orang. Terlebih di Internet disediakan banyak sekali sumber yang memberikan aplikasi mod atau crack dimana pengguna bisa mendapatkan akses full premium suatu aplikasi tanpa harus membayar. 

Meskipun begitu, sangat disarankan untuk membeli versi aslinya dari toko yang terpercaya dibanding mengambil sembarangan di internet. Karena ada banyak software bajakan yang bisa menimbulkan bahaya bagi perangkat yang kamu pakai. 

Ada banyak kasus dimana para hacker menyisipkan virus seperti malware ke dalam aplikasi tersebut yang bisa mencuri dan merusak data yang ada di komputermu. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menjelaskan jika aplikasi atau software bajakan rentan virus malware dan pasti tidak akan mendapat pembaruan yang membuat virus lebih mudah masuk dan menyerang. 

ilustrasi virus komputer (freepik.com)

Selain itu penggunaannya tidak bisa maksimal, sering mengalami bug atau crash. Parahnya lagi software bajakan bisa memberikan pengaruh negatif pada kinerja pada PC yang bisa menimbulkan hilangnya data yang disimpan. Jika komputer sudah terkena virus, kemungkinan buruknya data kamu bisa dicuri, dirusak hingga diperjual belikan. 

Aslinya ada banyak aplikasi atau software resmi yang memang disediakan gratis seperti WPS Office, Google Sheets, Blender, Unreal engine, Open Shot, Davinci Resolve, Kdenlive dan masih banyak lagi. 

ilustrasi bajak komputer (freepik.com)