6 Cara Ampuh Membuat Anak Rajin Belajar, Para ortu Wajib Coba!

6 Cara Ampuh Membuat Anak Rajin Belajar, Para ortu Wajib Coba!

Memiliki anak yang tumbuh dan berkembang dengan baik adalah anugerah yang tak terkira.

Di samping membahagiakan, pengalaman sebagai orangtua juga cukup menantang. Terutama ketika anak mulai sekolah. 

Sebab biasanya semakin tambah usianya,  akan semakin sulit seorang anak diatur dan diarahkan. Namun, bukan hal yang tidak mungkin untuk membuat anak rajin belajar sejak dini jika Anda tahu cara yang tepat.

Di bawah ini ada 6 cara mengatasi anak malas belajar sejak usia dini:

1. Buat Metode Belajar yang Menyenangkan

Anak-anak cenderung suka bermain ketimbang belajar. Maka dari itu, buat suasana belajar yang mirip bermain, agar menyenangkan.

Misalnya dengan bernyanyi, mengobrol, membaca bersama, atau melihat video! 

Metode belajar yang menyenangkan akan membuat anak semangat belajar. (haibunda.com)

2. Biarkan Anak Tahu Bahwa Orangtuanya Percaya

Beritahu anak Anda sesering mungkin bahwa Anda percaya padanya. Biarkan anak Anda mendengar bahwa Anda percaya pada kemampuannya untuk melakukan dengan baik. Meskipun jika usia anak Anda masih sangat muda.

3. Batasi Waktu Menontonnya

Cobalah untuk mengontrol berapa banyak tontonan anak Anda dalam sehari. Termasuk saat anak bersama Anda, dengan pengasuh, atau sendirian di rumah. 

Anak-anak perlu mendengar dan berbicara dengan orang dewasa untuk membangun keterampilan bahasa mereka.

Beri batasan waktu menonton TV atau bermain gadget pada anak (liputan6.com)

4. Libatkan Keluarga dan Orang Dekat

Cara lain untuk mengatasi anak malas belajar usia dini adalah dengan melibatkan banyak orang. Mintalah semua orang yang peduli dengan anak Anda, misalnya bibi, paman, kakek nenek, sepupu, pengasuh, tetangga, dan teman untuk mendorong anak Anda agar berprestasi di sekolah. 

5. Pastikan Anak Anda Mengerjakan PR

Untuk tetap menjaga ritme belajar anak. Perhatikan PR anak Anda setiap malam ya Parents. Minta anak Anda untuk menjelaskan apa yang dia pelajari. Dan pastikan bahwa tugas selesai sekolahnya selesai sebelum tenggat.

Ajari anak bertanggung jawab dengan mengecek apakah dia sudah mengerjakan PR (mommiesdaily.com)

6. Berikan Perhatian dan Motivasi

Perhatikan apa yang anak Anda lakukan di sekolah. Lalu berikan dia kepercayaan dan nasihat bahwa belajar itu penting. Berikan juga motivasi (bukan ancaman) untuk membantu anak Anda sukses di sekolah.

Itu tadi 6 tips menyuruh anak belajar agak bisa berprestasi di sekolah. Ingat ya Parents, lebih baik lakukan dengan pendekatan yang positif, ketimbang yang negatif seperti ancaman atau kekerasan. Tujuannya tentu agar anak tidak traumu untuk belajar dan lebih bahagia sekolah.