Mengenal Mak Emin, Tukang Memandikan Jenazah yang Nyaris Hamil di Usia Ke-64

Mengenal Mak Emin, Tukang Memandikan Jenazah yang Nyaris Hamil di Usia Ke-64

Sosok Mak Emin diungkap oleh Dedi Mulyadi, anggota DPR RI yang sempat bertemu dengan tukang memandikan jenazah. Saat itu Dedi yang sedang bersepeda keliling Purwakarta bertemu Mak Emin yang sedang menunggu angkot untuk belanja ke pasar.

Meski sudah berusia 84 tahun, Mak Emin masih sering dipanggil untuk memandikan jenazah di berbagai tempat di Kabupaten Purwakarta.

# Sudah Menikah Dua Kali

Dalam obrolannya dengan Dedi, Mak Emin bercerita bahwa ia pernah dua kali menikah. Pernikahan pertama dengan seorang juru tulis terjadi saat ia berusia 15 tahun. Dari pernikahan tersebut, ia dikarunia satu orang anak.

"Waktu itu dijodohkan, anak baru berumur 3 bulan sudah dicerai. Kemudian nikah lagi sama bujangan," ujar Mak Emih saat berbincang dengan Dedi Mulyadi.

Pada pernikahan kedua, Mak Emin mengalami 17 kali hamil. Namun dari 17 kehamilan itu, hanya 15 anak yang lahir, dan saat ini hanya tinggal 10.

Mak Emin digandeng Dedi Mulyadi (galamedia.pikiran-rakyat.com)

Dedi Mulyadi tentu kaget mendengar cerita Mak Emin tersebut. Dedi lalu meminta Mak emin menyebutkan nama anaknya satu per satu. Dengan perlahan tapi pasti, Mak Emin menyebutkan kesepuluh anaknya yang masih hidup dan 5 lainnya yang sudah meninggal.

Mak Emin saat berbincang dengan Dedi Mulyadi (galamedia.pikiran-rakyat.com)

# Berprofesi Sebagai Tukang Memandikan Jenazah

Dalam obrolannya dengan Dedi, Mak Emin juga bercerita bahwa ia masih bekerja sebagai tukang memandikan jenazah, meski usianya sudah lanjut.

"Ibu mah enggak boleh ke mana-mana sama anak kecuali kalau ada yang meninggal. Kan ibu suka memandikan orang yang meninggal dari tahun 71 (1971)," ucap Mak Emin.

Karena usianya yang sudah lanjut, Mak Emin kini hanya memandikan jenazah jika ada wasiat dari orang tersebut sebelum meninggal dunia.

Meski begitu, ilmu memandikan jenazah kini sudah diteruskan oleh kelima anak Mak Emin.

Setelah ditelusuri rupanya keahlian memandikan jenazah telah turun temurun diwariskan mulai dari nenek dan ibu Mak Emin.

"Jadi dulu pernah tanya kalau ada yang meninggal kaku terus mata melotot biar lemes lagi bagaimana, lalu dikasih tahu caranya bermunajat dan berdoa kepada Allah," katanya.

Proses memandikan jenazah (wajibbaca.com)

# Masih Melahirkan di Usia 46 Tahun

Obrolan dengan Dedi terus berlanjut. Lagi-lagi Dedi dibuat kaget dengan pengakuan Mak Emin yang mengaku masih hamil 64 tahun.

"Tahun 83 masih melahirkan berarti umur 46 tahun. Umur 64 tahun masih keguguran emak mah, menstruasi berhenti 65 tahun," tutur Mak Emin.

Di akhir pertemuan itu Dedi dibuat kagum dengan kebiasaan Mak Emin. Rupanya Mak Emin membawa tas belanja sendiri sejak dulu dan tak pernah menggunakan kresek.