Kondisi Kuburan Orang Indonesia yang Tak Memiliki Identitas di Mekkah

Kondisi Kuburan Orang Indonesia yang Tak Memiliki Identitas di Mekkah

Di Indonesia, makam biasanya memili tampilan berbentuk gundukan tanah yang diberi nisan. Ada pula yang bentuknya dibuat lebih rapi dengan diberi beton dan keramik agar lebih tampak indah.

Namun ternyata, di Mekkah, makam orang Indonesia tampak sangat berbeda. Terutama bagi mereka yang gak punya identitas.

# Penampakan Makam Orang Indonesia di Mekkah

Sebuah video dari YouTube Alman Maulana menunjukkan kondisi makam orang Indonesia yang tak memiliki identitas.

Di video tersebut, tampak awalnya Alman berada di puncak gunung dengan pemandangan awan yang sangat bersih. Tampak awan yang terlihat menggumpal lantaran tidak ada pepohonan di sana.

Proses pemakaman jenazah haji yang wafat di Madinah (kumparan.com)

Dalam video perjalanannya tersebut, Alman menceritakan sejarah haji di tahun 1965-1975-an. Ia menjelaskan bahwa di tahun 75an, banyak orang Indonesia menjalankan ibadah haji. Istilah zaman sekarangnya yaitu haji ngoboy. 

Haji ngoboy maksudnya, haji yang tak memiliki surat resmi. Nah, di sekitaran tahun itu pula, banyak haji yang meninggal karena tak kuat menghadapi cuaca ekstrem di sana.

Namun, karena tak memiliki identitas, maka mereka dikubur di pemakaman umum di kawasan puncak/lereng gunung. Seperti yang tampak di video. 

Dalm video tampak makam orang Indonesia yang yak beridentitas dikelilingi bebatuan. 

Pemakaman di Indonesia (kamboja.co.id)

Pemerintah Arab Saudi sengaja membuat tumpukan batu sebagai tanda bahwa itu adalah kuburan/kawasan pemakaman. Tujuannya agar orang tak sembarangan kencing atau melakukan hal tak pantas di tempat itu.

Kuburan orang Indonesia yang tak memiliki identitas di Mekkah (jatimtimes.com)