Contoh Kerajinan dari Limbah Botol Plastik, Lebih Bermanfat Daripada Jadi Sarang Nyamuk

Dibuang sayang, disimpan bikin malang. Daripada jadi sarang nyamuk, mending dibikin jadi sesuatu bermanfaat. Begini contoh kerajinan dari limbah botol plastik.

Limbah menumpuk di sekitar rumah? Mau dibuang sayang, tapi kalo disimpan bisa bikin sarang nyamuk. Coba deh dibikin kerajinan. Ini contoh kerajinan dari limbah botol plastik, coba deh bikin. Mudah kok.

1. Pot tanaman dari limbah botol plastik

Taman vertikal bisa mengisi dinding yang kosong. Jika kamu nggak punya rencana lain dengan limbah botol plastik. Bisa deh dibikin seperti contoh kerajinan diatas. Saat punya waktu luang, bisa memanfaatkan kreativitasmu membikin kerajinan tersebut. 

Pertama, lubangi samping botol. Beri 7 lubang kecil di bagian bawahnya. Lalu isi tanah dan siram sedikit air. Udah deh, tinggal menebar benih tanaman disana. Mudah kan?

Kalo mau membuatnya vertikal, siapkan tali tampar untuk menggantungnya. Bikin simpul mati disetiap pot. Lalu susun sesuai selera. 

Jika punya limbah botol plastik dengan bentuk berbeda-beda. Bisa juga dibikin lucu seperti di bawah ini.

Pot tanaman dari limbah botol plastik (theelitehotel.com)

Pot lucu dari limbah botol plastik (1001gardens.org)

2. Tempat pensil

Bikinnya nggak susah kok. Cuma butuh limbah botol plastik yang sudah steril ukuran 500 mililiter dan resleting sepanjang 25 sentimeter. Lalu kain ukuran 2 x 25 sentimeter sebanyak dua lembar. Alatnya siapkan benang, jarum, dan gunting. 

Caranya, jahit resleting dengan kain. Lalu potong di botol yang dipotong menjadi dua bagian. Jahit sisi botol dengan kain berresleting. Siap deh dipakai.

Tempat pensil dari botol plastik (bushcraftz.blogspot.com)

3. Pembatas ruang

Bisa lho dibuat jadi pembatas ruang. Pilih aja bagian yang mau kamu bikin kerajinan. Lalu susun sesuai ukuran. Menyusunnya menggunakan benang berwarna bisa lebih cakep tuh. Kalo kamu pengen ruanganmu berwarna-warni, tinggal warnai saja dengan cat. 

Pembatas ruang dari limbah botol plastik (oddee.com)

4. Lukisan bunga

Kumpulin tutup botol plastik yang warna-warni. Bisa bikin dibuat jadi mahkota bunga deh. Terus botolnya, bisa jadi vasnya. Mau? Bikin sendiri dong biar asik. 

Lukisan bungan dari limbah botol plastik (orientacionandujar.es)

5. Box

Ini nih paling mudah. Kamu cuma butuh kerajinan dan ketekunan. Caranya potong botol sesuai selera. Lalu anyam, udah gitu aja kok caranya. Nggak usah diwarnain aja udah cantik. 

Box dari botol plastik (postila.ru)

6. Celengan

Celengan bisa bikin sendiri nih. Daripada beli kan? Sekalian udah ada cara bikinnya. 

Celengan lucu, kerajinan dari limbah (imgfave.com)

7. Kap lampu

Nih, spesial buat kamu yang lucu-lucu. Membuang limbah botol plastik artinya menambah masa limbah dunia. Biar dunia yang kita huni semakin sehat dan layak dihuni. Baik lho kalo contoh kerajinan dari limbah ini dipratikkan. Yuk!

Kap lampu lucu hasil kerajinan dari limbah botol plastik (fr.pinterest.com)