Kalian Pasti Belom Tau Nih, Apa Perbedaan Orang Sibuk dan Orang Produktif?

Mikirin amat sih perbedaan antara orang produktif dan orang sibuk. Padahal persamaannya cuma satu lho....

Hai Paragengs, kalian pasti pernah denger dari temen kalian jawaban "lagi sibuk" kan? Padahal kita butuh sosok dia, ya biar pas kumpul rame aja gitu. Nah, begitu jawaban itu keluar, praktis doi gak bisa diajak nongkrong deh, misalnya.

Ya, kadang kita perlu maklum karena mungkin dia sedang banyak aktivitas atau berbagai hal yang mesti dikerjakan. Mungkin termasuk menyelamatkan dunia dari ganasnya serangan Negara Api.

Tapi ada pertanyaan nih, sesibuk apa pun kita, apa kita tetap produktif? Soalnya, itu dua hal berbeda. Biar kalian tau nih, kali ini kita mau ngulas soal perbedaan orang sibuk dan orang produktif. Kuy, disimak.

#1

Ada sekian banyak pekerjaan atau aktivitas sehari-hari. Perbedaan mendasar antara orang sibuk dan orang produktif itu terletak pada prioritas.

Orang sibuk punya banyak hal yang diprioritaskan. Sementara orang produktif cuman punya beberapa hal doang yang mereka prioritaskan.

#2

Perbedaan kedua tipe orang di atas juga bisa dilihat dari cara mereka bertindak. Orang yang produktif biasanya akan berpikir dulu sebelum bertindak. Beberapa kali mereka akan tampak terlihat ragu dan butuh banyak waktu untuk memutuskan sesuatu.

Tapi orang sibuk gak bakal panjang lebar mengulur waktu. Mereka langsung bertindak, tak memikirkan risiko, dan nggak banyak cingcong.

Bedanya keliatan jelas kok (nypost.com)

#3

Perbedaan selanjutnya adalah soal 'YES' dan 'NO'. Orang-orang sibuk bakal mengedepankan 'YES' untuk berbagai hal. Sedangkan orang-orang produktif pasti mikirin dua kali tentang keputusan mereka. Jadi mereka seolah-olah selalu bingung apa YES atau NO. Bingung.

#4

Orang-orang sibuk keliatan banget dari cara mereka mengerjakan sesuatu. Biasanya nih, orang sibuk bisa multitasking gituh. Mereka bisa ngerjain banyak hal dalam waktu bersamaan.

Tapi orang produktif biasanya fokus. Mereka akan mengerjakan pekerjaan secara fokus sampe selesai.

Orang produktif atau orang sibuk nih? (nieuwsblad.be)

#5

Perbedaan lainnya terletak di sini: tentang akar suatu masalah atau sebuah pekerjaan. Nah, orang-orang yang fokus pada detail dari setiap poin yang ada, mereka adalah orang-orang sibuk.

Sementara, orang yang fokus pada gambaran besarnya adalah orang-orang produktif. Kamu yang mana nih?

#6

Soal tugas, keduanya juga bakal kelihatan kok. Mereka yang produktif kan punya prioritas tuh, jadi mereka akan membagikan tugas di waktu yang tepat. Sedangkan orang sibuk mungkin bakal ngambil semua tanggung jawab dan mengerjakannya sendirian.

Itulah alasan kenapa orang sibuk gampang banget capek, lelah, 5L deh pokoknya.

Orang sibuk tuh multitasking (emotionalhealthcentre.com.au)

#7

Setiap hari, kita punya banyak hal yang harus dikerjakan kan? Nah, si sibuk biasanya menulis poin demi poin dalam to do list mereka. Mereka tau hari ini harus ngapain dan kemana aja.

Sedangkan to do list-nya si produktif biasanya lebih sedikit. Mereka hanya akan menulis poin yang to the point aja. Beda banget yahhh~.

#8

Kalo kamu orang produktif, kamu akan mengalokasikan waktu untuk berefleksi dan merencanakan sesuatu. Tapi kalo kamu orang sibuk, waktu kamu akan lebih banyak dihabiskan untuk bekerja. Udah gitu, kerja lagi....

Jaga kesehatan ya, gengs.

5L itu pasti (movenoticias.com)

#9

Soal tujuan nih... orang-orang produktif punya tujuan yang jelas. Soalnya, tiap tindakan dan aktivitasnya berdasar pada poin-poin yang dijelaskan sebelumnya.

Sebaliknya, orang sibuk sih emang punya tanggung jawab. Tapi biasanya mereka yang sibuk cuma untuk memenuhi tanggung jawabnya aja. Mungkin nyaris tanpa tujuan tertentu. Pokoknya biar kelihatan sibuk aja gitu.

Dua tipe orang di atas buat perbandingan umum aja sih. Kayaknya lebih baik kalian harus jajal keduanya, jadi orang produktif, dan jadi orang sibuk. Atau cobain aja kedua-duanya di waktu bersamaan. 

Soalnya, persamaan keduanya cuma satu: ya, sama-sama CAPEK. Oke.

Tujuan? Hmmm... (jordanab.com.au)