Mengaku Nabi ke-26, Ternyata Jozeph Paul Zhang Pernah Sekolah di Sini

Jozeph Paul Zhang yang baru-baru ini dinyatakan sebagai tersangka penistaan agama ternyata pernah sekolah di Salatiga.

Nama Joseph Paul Zhang belakangan menjadi perbincangan terkait pernyataannya yang mengaku sebagai nabi ke-26. Dia juga dengan santai mengatakan bahwa Allah SWT dikurung di dalam ka'bah.

Karenanya pernyataanya yang dianggap melukai hati umat beragama, dia dinyatakan sebagai tersangka kasus dugaan ujaran kebencian dan penodaan agama, sehingga menjadi buruna polisi.

Faktanya, pria yang kabarnya tinggal di Bremen, Jerman ini ternyata adalah orang Indonesia yang memiliki nama Shindy Paul Soerjomoeljono. Dia juga tercatat pernah mengenyam pendidikan di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga.

Hal itu dibenarkah oleh Rektor UKSW, Neil Semuel Rupidana. Jozeph Paul Zhang adalah mahasiswa Fakultas Pertanian yang dinyatakan lulus pada tahun 1996. Dia juga pernah melanjutkan ke S2 Magister Manajemen tapi tidak selesai.

Jozeph Paul Zhang (Zoom)

"Jozeph atau Shindy Paul Soerjomoeljono adalah alumni UKSW. Ia lulus dari Fakultas Pertanian tahun 1996. Sempat melanjutkan pendidikan S2 Magister Manajemen, tetapi tidak selesai," ucap Neil pada Rabu (21/4), dilansir dari Era.

Pihak kampus sangat menyesalkan apa yang dilakukan oleh Jozeph dan menyatakan hal itu sama sekali tidak mencerminkan alumni kampus. Apa yang dilakukannya sepenuhnya adalah pandangan pribadi.

Jozeph Paul Zhang (via JPNN)

"Kami sesalkan itu dilakukan Jozeph sebagai alumni UKSW. UKSW adalah lembaga yang menjunjung tinggi kebebasan berpikir dan berekspresi. Kami menilai tindakannya menyampaikan pandangan pribadi," imbuhnya.

"UKSW adalah kampus Indonesia Mini. Dalam setting komunitas yang seperti itu, kami mendidik mahasiswa untuk dapat berpikir dan bersikap peka dan toleran terhadap keragaman latar belakang," ujar Neil menyesalkan sikap Jozeph Paul Zhang.

Jozeph Paul Zhang (Zoom)