Selama Bulan Ramadan, Tren Pengguna TikTok di Indonesia Berubah Jadi Seperti Ini Nih

Selama Bulan Ramadan, Tren Pengguna TikTok di Indonesia Berubah Jadi Seperti Ini Nih

Media sosial TikTok kini jadi fenomena baru setelah sebelumnya media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram pernah booming. 

Di tahun ini, tepatnya di bulan Ramadan, platform distribusi video singkat ini merilis survei untuk ratusan pengguna TikTok yang terangkum dalam laporan "TikTok Ramadan Insight 2021".

Dengan survei ini, para brand dan UKM akan mendapat insight untuk kemudian bisa dijadikan senjata untuk menjangkau dan 'enganged' dengan target audiens dan konsumen yang kreatif. 

# Tren TikTok di Bulan Ramadan


Menurut Fanny Murhayati, Marketing Director Kantar Indonesia. Sejak pandemi Covid-19 di tahun lalu. Masyarakat punya kencenderungan merayakan Ramadan dengan lebih sederhana. Mereka juga jadi lebih fokus pada kegiatan ibadah dan pada kesadaran pentingnya kesehatan.

Sementara itu, di sisi konsumen, orang Indonesia menerapkan prioritas terhadap pengeluaran pada bahan makanan segar dan produk yang mereka prioritaskan.

"Para brand dan pelaku usaha memiliki peluang untuk memanfaatkan berbagai platform digital dalam berkomunikasi dengan target publiknya, seperti inspirasi berbagi, kegiatan di rumah dan kisah humanis lainnya," ujar Fanny.

TikTok Ramadan Insight 2021 (selular.id)

# Laporan TikTOk Ramadan Insight 2021

Melalui sebuah webinar, laporan "TikTok Ramadan Insight 2021" kemudian disampaikan. Hasilnya, ada sejumlah 71% pengguna TikTok yang merayakan Ramadan dengan cara mereka masing-masing. Salah satunya dengan melakukan aktivitas di rumah.

Tren ini terlihat dari Ramadhan tahun lalu, di mana terdapat 29% peningkatan engagement selama bulan tersebut, dibandingkan rerata harian.

Dari laporan itu pula, tampak bahwa sebanyak 96% pengguna TikTok menyatakan lebih aktif di platform online dan akan mengunggah konten dalam platform digital.

1 dari 3 pengguna juga dilaporkan sudah merencanakan akan membeli lebih banyak makanan dan kudapan secara online di bulan Ramadan.

"TikTok Ramadan Insight 2021" juga menyorot berbagai jenis konten yang dapat dimanfaatkan brand atau UKM untuk menarik audiens baru, mengingat konten inilah yang paling ditunggu oleh pengguna selama ramadan. Dari survei tersebut, tahun ini, sebagian besar pengguna menantikan konten religi, makanan, informasi terbaru dari keluarga dan kerabat, konten keseharian, serta fesyen dan kecantikan.

Hasil TikTok Ramadan Insight (jakpusnews.pikiran-rakyat.com)

"Dari hasil survei kami di laporan "TikTok Ramadan Insight 2021" ini, terlihat bahwa di tengah segala keterbatasan yang ada saat ini, para pengguna TikTok di Indonesia tetap aktif dan semangat dalam berbagi cerita dengan suka cita, sehingga dapat memberikan arti kebersamaan terutama di masa pandemi," kata Sitaresti Astarini, Head of Business Marketing, TikTok Indonesia.

TikTok Mubarak (arenaLTE.com)