Suka Sembelit di Awal Puasa? Coba Lakukan 5 Hal Ini untuk Mengatasinya

Suka Sembelit di Awal Puasa? Coba Lakukan 5 Hal Ini untuk Mengatasinya

Sembeli seringkali menjadi masalah yang paling tidak mengenakkan, apalagi saat menjalani ibadah puasa. Dikarenakan adanya perubahan pola makan dan pilihan menu, nggak jarang tubuh kita jadi lebih beresiko mengalami sembelit.

Oleh karena itu, perlu ada pencegahan supaya terhindar dari kondisi sembelit yang berkepanjangan. Nah, di bawah ini ada beberapa tips untuk mengatasi sembelit saat puasa.

# Konsumsi makanan tinggi serat

Makanan yang mengandung tinggi serat selalu menjadi cara ampuh untuk mengatasi pencernaan yang tidak lancar. Itu sebabnya, kamu perlu mengkonsumsi banyak sayur dan buah ketika berpuasa.

Bahkan, kalo kamu mengkonsumsi tinggi serat saat sahur, hal tersebut bisa menjadikan perutmu terasa kenyang lebih lama lho.

Konsumsi makanan tinggi serat (foodandwine.com)

# Perbanyak konsumsi air putih

Asupan cairan yang cukup saat menjalani puasa juga penting agar terhindar dari sembelit. Walaupun itu bukan satu-satunya penyebab, namun kekurangan cairan juga dapat berakibat fatal pada tubuh.

Maka dari itu, selama menjalankan puasa, kamu perlu mengkonsumsi banyak air putih minimal 8 gelas sehari. Kamu bisa minum 2 gelas saat sahur, saat berbuka, setelah tarawih dan menjelang tidur.

Perbanyak konsumsi air putih (unsplash.com)

# Hindari konsumsi makanan berminyak

Oh ya, makan makanan yang tinggi akan lemak saat puasa juga berpengaruh pada kondisi pencernaan, lho. Misalnya makan gorengan yang terlalu berlebihan, maka sistem pencernaan bakal bekerja lebih keras karena sulit dicerna oleh tubuh.

Di samping itu, kolesterol dalam darah juga akan mudah meningkat. Yah.. walaupun enak dan pas dijadikan menu takjil, kamu tetap perlu membatasi jenis makanan ini ya.

Hindari konsumsi makanan berminyak (unsplash.com)

# Kurangi konsumsi kafein

Kafein, khususnya kopi, sebenarnya boleh saja dikonsumsi ketika puasa. Hal ini dikarenakan kafein memang dapat memicu proses BAB sehingga perut nggak mudah sembelit. Akan tetapi, yang mesti diperhatikan adalah waktu untuk meminumnya.

Sebaiknya minumlah setidaknya 1 jam setelah berbuka dan setelah sahur menjelang imsak. Jangan konsumsi kopi ketika perut kosong ya, karena ini bisa mengakibatkan asam lambung.

# Rutin berolahraga

Sebagian orang mungkin mengira kalo olahraga ketika puasa bakal menghabiskan banyak energi dan bikin tubuh lemas. Padahal, berolahraga saat puasa justru sangat baik untuk mencegah sembelit. Kamu nggak mesti berolahraga yang terlalu berat, kok. Cukup lakukan olahraga ringan seperti jalan santai, yoga, atau bersepeda selama 15-30 menit saat menjelang berbuka.