Tips Sederhana Merawat Ginjal, Agar Tetap Sehat Sampai Tua

Ginjal adalah salah satu organ penting. Karenanya, kamu enggak boleh lalai merawatnya. Caranya ternyata gampang kok!

Selain jantung, ginjal adalah organ yang sangat penting dalam tubuh. Selain perannya yang vital, kerusakan pada bagian ini akan membawa dampak buruk untuk tubuh. Sementara itu, ada banyak banget ancaman yang bisa membuat ginjal rusak.

Padahal, merawat kesehatan ginjal sebenarnya bukan hal yang sulit. Para ahli mengungkap delapan cara untuk menjaga organ ini tetap sehat dan dalam kondisi prima. Yuk pelajari dan terapkan sekarang!

__

Pastikan rutin berolahraga. Tubuh yang aktif akan selalu bugar sehingga membuat kinerja jantung tetap terpelihara dengan baik.

__

Pastikan kadar gula darah selalu dalam kondisi stabil. Karenanya kamu perlu memeriksakannya secara berkala. Hal ini juga bisa mencegah munculnya penyakit lain, lho!

Tips merawat ginjal (via klikhijau.com)

__

Selain kadar gula darah, tekanan darah adalah hal penting yang harus kamu pantau setiap saat. Jika tekanannya terlalu tinggi atau rendah, kamu perlu melakukan tindakan preventif.

Tips merawat ginjal (via alodokter.com)

__

Siapa bilang diet itu tidak penting? Jika berat badanmu terlalu kurus atau terlalu gemuk, maka ginjal juga akan bekerja lebih berat dari semestinya.

Tips merawat ginjal (via alodokter.com)

__

Minum air. Cara ini adalah hal utama yang harus kamu lakukan setiap hari. Asupan cairan sehat yang dianjurkan adalah 1,5 hingga 2 liter air per hari.

Tips merawat ginjal (via Jovee)

__

Merokok ternyata tak hanya merusak paru-paru dan jantung, namun juga ginjal. Karenanya kamu perlu belajar untuk meminimalkan asap rokok yang masuk ke tubuh.

Tips merawat ginjal (klikdokter.com)

__

Hindari terlalu banyak obat-obatan jika tak diperlukan. Obat yang dijual bebas pada dasarnya membuat kinerja ginjal semakin berat sehingga membuatnya semakin rentan.

Tips merawat ginjal (via kumparan)

__

Langkah terakhir namun paling penting adalah melakukan pemeriksaan ginjal secara berkala. Dengan demikian kamu bisa mengetahui seberapa baik kondisinya.

Tips merawat ginjal (via detik)

Tips merawat ginjal (OTC Digest)