Waspada Komplikasi Diabetes, Cegah dengan Makanan Sederhana Ini

Komplikasi diabetes itu berbahaya lho, guys. Agar tidak berakibat fatal, yuk mulai atur pola makan dan konsumsi makanan bergizi ini.

Di masa ini, diabetes adalah penyakit berbahaya yang diam-diam akan membunuh penderitanya. Pasalnya, jika tidak ditangani dengan baik, penyakit ini bisa menyebabkan komplikasi yang serius, dan berujung fatal.

Namun kabar gembiranya, komplikasi diabetes ternyata bisa diminimalisir dengan konsumsi makanan yang ada di sekitarmu. Berikut ini adalah beberapa asupan yang sebaiknya dikonsumsi penderita diabetes secara teratur.

Kacang

Penderita diabetes harus benar-benar menjaga kadar gula darah dalam tubuh. Salah satu makanan yang bisa membantunya tetap normal adalah kacang-kacangan. Di dalam zat makanan ini juga terdapat karbohidrat dan protein yang baik untuk tubuh.

Kacang (via Grid ID)

Bayam

Makanan ini diketahui memikiki kandungan zat besi tinggi yang meningkatkan sensitivitas insulin dalam menyerap gula darah berlebih. Insulin juga akan membantu mengelola gula darah dalam tubuh sehingga lebih diserap secara sempurna.

Bayam (via CNN)

Brokoli

Brokoli memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah mengontrol gula darah dan melindungi pembuluh darah dari kerusakan yang muncul akibat komplikasi diabetes. Selain brokoli, sayuran seperti kangkung, kembang kol, dan kubis Brussel juga memiliki manfaat sama.

Brokoli (via Liputan6)

Produk Susu

Selain mengandung kalsium dan vitamin D, produk susu seperti keju, susu, dan yogurt mengandung protein baik yang akan bisa membantu menstabilkan kadar gula darah. Selain itu, zat ini juga mencegah rasa lapar. Pokoknya aman banget jika dikonsumsi dengan kadar yang tepat.

Produk Susu (via IDN Times)

Oatmeal

Sumber makanan lain yang sangat baik untuk penderita diabetes adalah oatmeal yang terbuat dari gandum. Nutrisi di dalamnya membantu mencegah lonjakan gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. 

Oatmeal (via Lazada)