Lisa Blackpink dan 4 Artis Korea Lainnya Jadi Korban Pelecehan Seksual, Ada yang sampai Trauma dan Bunuh Diri

Lisa Blackpink dan 4 Artis Korea Lainnya Jadi Korban Pelecehan Seksual, Ada yang sampai Trauma dan Bunuh Diri

Pelecehan, baik verbal maupun seksual merupakan salah satu hal yang paling ditakuti setiap orang terutama wanita karena masih sering terjadi. Hal ini dapat menimbulkan trauma tersendiri dalam jangka panjang bahkan bisa memicu kematian. 

Nggak cuma dari kalangan umum aja loh, bahkan sederet idol K-Pop wanita ini juga pernah menjadi korban pelecehan seksual, termasuk Lisa Blackpink, mendiang Goo Hara, dan yang baru-baru ini menimpa Nancy Momoland.

Siapa aja deretan idol K-Pop wanita yang pernah mengalami pelecehan seksual? Berikut rangkumannya.

Lisa Blackpink

Di bulan Januari 2020, Lisa Blackpink mendapatkan perilaku tidak menyenangkan dari seorang pemilik kafe. Saat itu, Lisa Blackpink dan teman-temannya sedang melakukan pemotretan di MQQN Cafe, Bangkok, Thailand.

Setelah Lisa Blackpink selesai melakukan pemotretannya, sang pemilik kafe menyatakan akan menjual kursi yang sempat diduduki oleh artis asuhan YG Entertainment tersebut. Nggak cuma itu, bahkan sang pemilik kafe juga berniat menjual sisa makanan bekas Lisa. Hal ini menjadi ramai di media sosial, dan menimbulkan komentar-komentar yang menjurus ke perbuatan pelecehan seksual.

Para penggemar Lisa Blackpink pun nggak mau tinggal diam melihat pelecehan seksual ini. Mereka ramai-ramai memboikot kafe tersebut dan mengecam keras tindakan orang-orang yang sudah melakukan pelecehan seksual secara verbal itu.

Lisa Blackpink (Instagram)

Nancy Momoland

Terbaru, pada Januari 2021 lalu, beredar foto seorang gadis yang sedang berganti pakaian. Diduga, gadis yang ada di foto tersebut adalah Nancy Momoland. Hal ini langsung dibantah oleh pihak agensi dan mengatakan jika foto tersebut adalah hasil editan.

Diketahui, foto tersebut diambil ketika Nancy Momoland menjadi MC Asia Artist Awards 2019 di Vietnam. Terduga pelaku yang mengambil foto sang idol secara diam-diam itu adalah staf agensinya sendiri. Atas hal ini, mental Nancy sempat dan mengalami trauma mendalam. 

Nancy Momoland (Instagram)

Goo Hara

Kasus pelecehan seksual yang dialami oleh Goo Hara sempat menggegerkan publik. Pasalnya, mantan pacar member KARA itu mengancam akan menyebarkan video hubungan intim mereka kepada publik. Nggak sampai di situ aja, mantan pacar mendiang juga memeras sejumlah uang dari Goo Hara.

Goo Hara ditemukan tewas oleh asisten rumah tangganya pada 24 November 2019 silam. Diduga, tewasnya wanita kelahiran 1991 ini karena depresi dan sudah tidak tahan dengan tekanan yang di dapatkannya dari sang mantan pacar dan juga dari publik.

Goo Hara (Instagram)

Jang Ja Yeon

Salah satu pemain drama Korea terkenal Boys Before Flowers, Jang Ja Yeon, ditemukan meninggal bunuh diri di tahun 2009 silam. Jang Ja Yeon menuliskan surat wasiat yang mengungkapkan cerita hitam tentang agensi di Korea Selatan.

Diketahui melalui surat wasiat Jang Ja Yeon, wanita kelahiran 1980 tersebut menyebutkan ada 31 nama petinggi agensi The Contents Entertainment, yaitu agensi tempatnya bernaung dulu, yang sudah melakukan tindakan pelecehan seksual kepadanya.

Akhirnya, di tahun 2018, salah satu sahabat Jang Ja Yeon, yaitu Yoon Ji Oh, bersedia menjadi saksi dari kasus pelecehan seksual yang sudah menimpa temannya tersebut. Pada 31 Maret 2019, kasus ini resmi ditutup tanpa menemukan titik terangnya.

Pada April 2019, beredar rekaman suara Jang Ja Yeon yang mengaku trauma atas tindakan pelecehan yang menimpanya, serta ancaman yang mengintainya.

"Dia menghubungiku terlebih dahulu dan bilang bahwa mereka akan datang untuk membunuhku,” ujar Jang Ja Yeon melaui remakan suara yang diduga direkam lima hari sebelum kematiannya.

Jang Ja Yeon (Instagram)

Yoo So Young

Pada 2017, Yoo So Young mengatakan jika dia pernah menjadi korban pelecehan seksual ketika mengikuti kegiatan kelas akting, sebelum terjun ke industri hiburan. Dalam kesempatan itu, Yoo Soo Young diminta oleh seorang aktor senior untuk mengangkat bajunya sendiri hingga memperlihatkan busana bagian dalam. Ketika Soo Young menolak, aktor tersebut malah meremehkan tindakannya.

"Kamu tidak perlu malu untuk belajar. Tidak ada pembedaan antara pria dan wanita. Orang lain juga melakukannya. Memang siapa kamu sampai menolaknya?" ujar aktor yang tidak diketahui namanya tersebut.

Mantan kekasih pemain sepak bola Son Heung Min ini juga mengatakan bahwa kejadian seperti ini kerap terjadi di dunia hiburan. Yoo So Young mengungkap kembali sisi gelap dari industri hiburan di Korea Selatan. Yoo So Young masih terbilang beruntung bisa menghindari tindakan asusila yang sering terjadi pada idol K-Pop wanita.

Yoo So Young (Instagram)