Sebelum Lekat dengan Sosok Iron Man, Ternyata Robert Downey Jr. Berkali-Kali Jadi Napi Karena Hal Ini

Sebelum Lekat dengan Sosok Iron Man, Ternyata Robert Downey Jr. Berkali-Kali Jadi Napi Karena Hal Ini

Aktor kawakan Robert Downey Jr's hari ini sedang berulang tahun. Tentu saat menyebut namanya, kita tidak bisa melepaskan karakter Iron Man dari dirinya, bukan. 

Lelaki kelahiran 4 April 1965 ini sudah berada di level aktor dengan bayaran termahal saat ini, lho gengs. Wow!

Ternyata kariernya nggak melejit begitu aja lho. Untuk sampai ke tahap ini ia bahkan pernah menjadi seseorang yang begitu terpuruk. Sebelum dipercaya untuk memakai kostum Iron Man, hidup RDJ benar-benar di ambang kehancuran. Karena narkoba, ia berkali-kali keluar masuk pengadilan dan penjara. 

Lalu, bagaimana cerita ia bisa bangkit dari keterpurukan hidup hingga menjadi aktor papan atas Hollywood saat ini? Simak kisah lengkapnya ya!

Pada awal tahun 90-an, RDJ pernah dinominasikan untuk Aktor Terbaik di Academy Awards untuk perannya sebagai legenda hiburan Charlie Chaplin, ketika ia berusia 27 tahun. 

Tepat ketika memasuki usia 30-an, kariernya mulai sedikit meredup setelah hidupnya terpapar dengan beragam tindakan kurang baik. Mulai dari penangkapan di Los Angeles pada tahun 1996, karena kepemilikan kokain, heroin, dan pistol Magnum.357, hingga beberapa penangkapan terkait narkoba lainnya. 

Pola hidup ini pun berlanjut selama sekitar lima tahun. RDJ berulang kali tertangkap karena penyalahgunaan narkoba, beberapa kali rehabilitasi, lalu kambuh lagi.

Namun akhirnya, setelah melalui penangkapan terakhirnya pada April 2001 silam, RDJ seperti sudah jengah dan ingin kembali bekerja. 

Meskipun bakat aktingnya yang terbukti dan jelas luar biasa, mendapatkan pekerjaan kembali bukanlah perkara mudah mengingat ia mengantungi banyak masalah di masa lalu. Hal ini membuat studio produksi tidak dapat memperoleh asuransi untuk RDJ dan tidak memilihnya sebagai aktor.

Robert Downey Jr. sebagai Iron Man dalam Avengers (The Direct)

Beruntungnya RDJ, karena ada aktor senior bernama Mel Gibson, yang merupakan teman dekatnya sejak pasangan itu membintangi film Air America berani membayarkan kewajiban asuransi RDJ untuk film The Singing Detective pada tahun 2003. Ia pula yang membuka jalan bagi RDJ untuk berperan di Gothika bersama Halle Berry, meskipun 40% dari gajinya ditahan sampai syuting selesai.

Dari sana lah, karier RDJ merangkak naik lagi. Setelahnya, Downey kemudian mendapat peran di film Kiss Kiss Bang Bang bersama Val Kilmer, Good Night, and Good Luck, A Guide to Recognizing Your Saint, A Scanner Darkly, dan juga Zodiac.

Pada tahun 2008 kariernya mulai memuncak lagi saat menjadi Nominasi Academy Award di Tropic Thunder, dan tentu saja, sebagai Tony Stark diIron Man. 

RDJ berjuang mati-matian meyakinkan Marvel Studios untuk menjadikannya sebagai pusat dari Marvel Cinematic Universe Marvel Studios.

Robert Downey Jr. sebagai Iron Man dalam Avengers (Syfy Wire)

Hingga pada tahun-tahun berikutnya, Robert Downey Jr. telah dianggap sebagai jangkar Marvel Cinematic Universe, yang kemudian tumbuh menjadi franchise film paling sukses. Di sela syuting panjang Iron Man dan seri The Avengers pun, ia masih sempat bermain di film lain yang tak kalah menghibur, seperti Sherlock Holmes, The Judge danDolittle.

Pada sebuah wawancara dengan Stephen Colbert di acara talk show miliknya, RDJ mengingat kembali perannya sebagai Iron Man yang kini (katanya) sudah resmi pensiun. 

Ia mengatakan bahwa ada sisi "memalukan" dalam dirinya seperti yang dialami oleh Tony Stark, maka nggak heran kalau ia merasa dirinyanya sosok Tony Stark itu sendiri, yang juga disetujui oleh Chris Evans pemain Captain America dalam Film Avengers.

Robert Downey Jr. sebagai Iron Man dalam Avengers (The Indian Express)