Fakta Miris Kematian ZA, Terduga Teroris yang Ditembak Mati di Mabes Polri

ZA menembakkan peluru 4 kali di Mabes Polri, sebelum akhirnya ditembak mati. Seperti apa kejadiannya?

Dalam waktu berdekatan, negeri kita diserang rentetan tindakan terorisme. Setelah bom bunuh diri di depan gereja Katedral di Makassar, baru-baru sebuah serangan terjadi di Markas Besar Kepolisian RI. Seorang wanita berinisial ZA melakukan penembakan di kawasan tersebut.

Akibat kejadian itu, polisi menembak mati wanita yang diketahui bernama Zakiah Aini itu dengan peluru yang menembus jantung. Tak sekedar teror dan kengerian, kematian ZA juga menimbulkan rasa miris. Berikut adalah beberapa fakta tentang aksi dan kematiannya:

Beraksi Sebagai Lone Wolf

Polisi memberikan keterangan bahwa ZA beraksi sebagai lone wolf alias sendirian. Selain dirinya, tidak diketahui ada orang lain yang ikut membantu aksi terorisme ini. Meski demikian, hal ini juga belum bisa dipastikan secara akurat karena ZA meninggal dunia.

ZA beraksi sendirian ((iNews))

Kronologi Kejadian

ZA datang ke Mabes pada hari kejadian dengan balutan busana muslim, lengkap dengan cadar. Namun setelah sempat bolak-balik di kawasan Mabes, ZA yang saat itu tampak membawa map kuning mendadak melakukan aksi berbahaya. Dia menembakkan pistol sebanyak 6 kali pada anggota polisi yang ada di sana. 

Menurut polisi, metal detector yang ada di Mabes kemungkinan rusak sehingga ZA bisa melaluinya dengan mudah sambil membawa senjata api. Karena aksinya dinilai berbahaya, polisi pun terpaksa menembak mati.

Lokasi Kejadian (CNBC)

Siapa ZA?

Zakiah Aini adalah wanita berusia 25 tahun yang sebelumnya terdaftar sebagai mahasiswa di salah satu universitas. Namun kemudian dia dinyatakan drop out. Sikapnya yang pendiam namun tampak normal, membuat banyak orang tidak menyangka bahwa dia melakukan aksi terorisme sendirian.

ZA diketahui sebagai Zakiah Aini (Hops.id)

Alasan Ditembak Mati

Banyak orang yang menyayangkan tindakan polisi karena menembak mati ZA. Namun polisi memberikan keterangan bahwa hal ini terpaksa dilakukan karena pelaku berpotensi melakukan tindakan berbahaya dan dikhawatirkan akan memakan lebih banyak korban.

Mabes Polri (VOI.id)

Pemakaman yang Muram

Pihak keluarga mengaku tidak tahu soal aksi ZA dan sangat terkejut ketika pelaku pulang dalam kondisi tinggal nama. Meski demikian, Zakiah Aini dimakamkan secara layak di TPU Pondok Ranggon. Setelah dimakamkan, tidak diketahui ada banyak pelayat yang ziarah ke makam pelaku penembakan arkas Besar Kepolisian RI tersebut.

Lokasi pemakaman ZA (IDN Times)