5 Wanita Zaman Dulu Ini Melakukan Hal-Hal Aneh untuk Membuatnya Bisa Terlihat Cantik

5 Wanita Zaman Dulu Ini Melakukan Hal-Hal Aneh untuk Membuatnya Bisa Terlihat Cantik

Zaman sekarang ada banyak cara buat para wanita agar bisa terlihat cantik. Caranya pun beraneka ragam. Ada yang dengan belajar make up supaya terlihat menarik. Hingga ada juga yang melakukan hal lebih ekstrem, entah itu operasi hidung biar terlihat mancung. Meniruskan pipi dengan operasi plastik. Suntik filler biar bibir lebih tebal dan sexy. Dan masih banyak cara lainnya.

Begitu pula dengan wanita zaman dulu. Banyak juga ternyata di antara mereka yang melakukan hal-hal aneh agar bisa terlihat cantik. Seperti apa? Berikut ini adalah 5 contohnya.

1. Buat perona bibir dari kumbang

Wanita mesir kuno zaman dulu kala ternyata sering lho menggunakan perona bibir yang dibuat dari kumbang. Biasanya mereka akan menumbuk si kumbang yang punya pigmen merah. Lalu mengoleskan cairan kumbang tersebut ke bibir mereka. Katanya, cara ini menjadi populer karena Ratu Cleopatra yang pertama kali menemukan metode aneh ini.

2. Mencerahkan kulit dari kotoran burung

Yang kedua ini lebih aneh lagi. Orang Jepang jaman dulu, tepatnya di abad 17, mereka sering menggunakan campuran kulit ari beras dan kotoran burung bulbul buat bikin kulit mereka lebih cerah.

Awal mula metode ini dilakukan oleh Korea yang menggunakan kotoran burung untuk membersihkan noda dari kai. Geisha dan Kabuki juga sering menggunakan cara ini sehabis pentas.

3. Mencabut gigi untuk terlihat tirus

Buat perona bibir dari kumbang (detik.com)

Para bintang Hollywood di era 40-an juga ternyata punya cara aneh untuk bisa terlihat menarik. Mereka dengan sengaja mencabut gigi geraham belakang demi memperoleh bentuk wajah yang tirus dan cekung. Salah satu aktris yang pernah melakukan hal ini adalah Marlene Dietrich, meskipun ia sempat membantah pernah melakukan hal tersebut. 

4. Menggunakan alat penirus wajah

Mencabut gigi untuk terlihat tirus (detik.com)

Kalau sebelumnya mencabut gigi untuk terlihat tirus, lain lagi dengan para wanita Amerika di abad 19 yang menggunakan sebuah alat untuk mengecilkan pipi. Nama alat tersebut adalah chin reducer. Para wanita menggunakannya dengan cara melilitnya di kepala, wajah hingga dagu. Alat ini juga disertai dengan tali seperti kabel yang mesti ditarik ke bawah agar rahang bisa mengecil. Duh, menyiksa sekali, ya!

5. Pakai es batu untuk membuat wajah segar

Model-model di era 30 sampe 40-an juga punya ritual khusus biar wajah mereka bisa terlihat segar setiap saat. Caranya adalah dengan menggunakan masker es batu yang ditempelkan di seluruh wajah. Kebiasaan ini umumnya dilakukan oleh para model yang begadang karena bekerja seharian, supaya esok paginya wajah terlihat lebih fresh.

Chin reducer (detik.com)