Ada Juga Lho Fobia Terkait Cinta, Apa Aja Sih?

Meskipun banyak yang terdengar nggak lazim, jangan sekalipun kalian yang nggak mengidapnya menjadikan fobia ini sebagai tertawaan.

Hei Paragengs! Kalian tau kan apa itu fobia? Dari sekian banyak penjelasannya, fobia bisa diartikan sebagai rasa takut berlebih. Tentunya kepada suatu hal atau suatu fenomena.

Semua orang punya fobianya masing-masing. Biasanya, serangan psikis ini dipicu oleh rasa trauma atau hal-hal lainnya. Ini dalam hal apa pun, bahkan hingga kini terdapat lebih dari 500 jenis fobia.

Jadi, nyaris nggak mungkin siapapun di dunia ini nggak mengidap salah satu dari ratusan jenis fobia tersebut. Nah, kali ini kita akan mengulas fobia terkait cinta. Kira-kira, kamu ngalamin salah satu di antaranya ga sih?

1. Chiraptophobia

Pengidap fobia ini biasanya sangat takut untuk bersentuhan secara fisik. Untuk pengidap dalam kondisi yang kronis, fobia ini bikin mereka nggak sanggup melihat atau malah takut ngeliat sesuatu yang mengandung sentuhan fisik. Misalnya drama romantis yang banyak mengumbar adegan sentuhan fisik.

Pengidap zelophobia biasanya punya ketakutan berlebihan terhadap hadirnya perasaan cemburu. Pengidap fobia ini meyakini, rasa cemburu merupakan sifat yang mengikat secara berlebihan.

3. Philophobia

Philo dalam bahasa Yunani berarti 'cinta'. Jadi fobia jenis ini membuat pengidapnya merasa takut untuk jatuh cinta. Apalagi dicintai. Penyebabnya banyak, tapi seringnya sih karena pernah mengalami kisah cinta yang sangat buruk. Hal itu bikin mereka trauma berkepanjangan.

4. Metrophobia

Takut untuk merasakan cemburu (independent.co.uk)

Fobia jenis ini menyerang mereka yang merasa ketakutan sekali dengan kata-kata puitis. Entah dalam puisi atau karya-karya sastra. Untuk mereka yang nggak mengidap fobia ini, kata-kata puitis itu amat romantis. Tapi para pengidap metrophobia malah benci dengan kata-kata atau ungkapan-ungkapan begitu.

5. Anuptaphobia

Fobia ini membuat para pengidapnya punya rasa takut berlebih untuk menjadi lajang. Dalam tahap yang ekstrem, pengidapnya bisa aja memilih sembarang orang untuk dijadikan kekasihnya. Semua itu demi melawan rasa kesendiriannya atau kesepiannya.

Fobia yang takut akan kata atau ungkapan puitis (rawanonline.com)

6. Philemaphobia

Jenis fobia ini akan merasa takut untuk berciuman. Entah mencium atau dicium orang maupun pasangannya. Mereka yang mengidapnya bisa teriak-teriak kalo dipaksa ciuman. Itulah karena takut berlebih yang dirasakan pengidapnya.

7. Gamophobia

Rasa takut para pengidap fobia ini adalah tentang pernikahan atau hubungan serius dengan jangka panjang. Pengidap fobia ini bisa aja tuh memilih untuk nggak menikah seumur hidup. Ya gimana, soalnya mereka ketakutan banget tuh untuk diajak nikah.

8. Arrhenphobia

Ada juga lho yang takut untuk berciuman (rd.com)

Fobia ini punya nama lain, yaitu Androphobia. Pengidapnya akan ketakutan luar biasa terhadap cowok. Mereka biasanya takut banget kalo berdekatan dengan pria atau ditemani oleh pria. Trauma berlebih membuat pengidapnya dalam kondisi demikian.

9. L-Word Phobia

L-Word Phobia didefinisikan sebagai ketakutan untuk membina hubungan dengan lawan jenis. Mereka yang mengidapnya, biasanya memilih untuk bertahan dengan kelajangannya. Faktor penyebabnya adalah trauma yang sangat menyakitkan, biasanya sih dari kisah cinta masa lalunya. Fobia ini berlawanan dengan Anuptaphobia.

Jadi ketahuilah jenis-jenis fobia terkait cinta ini. Kalo kalian nggak mengidap salah satu di antara sembilan jenis di atas, pahamilah.... Kalian perlu tau, bahwa fobia, apalagi yang akut, bisa bikin pengidapnya menderita. 

So, jangan jadikan ini sebagai tertawaan ya. Ini serius. Nyembuhinnya susah tau.

Fobia ini bikin pengidapnya takut terhadap laki-laki (visualizationworks.com)