Tempe Sultan Viral, Terbuat Dari Kacang Almond yang Gurih

Bahan baku yang digunakan emang udah mahal sih. Gini bentuk tempenya.

Tempe terkenal sebagai makanan yang bergizi tapi murah meriah. Ada di mana-mana dan bisa dibuat berbagai jenis masakan enak. karena harganya yang murah tempe kadang masih dipandang sebelah mata. Padahal di Jepang tempe menjadi makanan yang lebih bernilai.

Dewasa ini tempe dibuat dengan beragam cara dan bahan. Bukan hanya dari kedelai, tapi biji-bijian dan kacang juga bisa dibuat tempe. Ada tempe dari kacang merah atau benguk.

Salah satu tempe yang naik kelas adalah tempe yang terbuat dari kacang almond. Bahannya aja emang terkenal mahal ya gengs. Makanan viral ini merupakan hasil kreasi dari Tia Wongso.

Dikutip dari Kumparan, beliau membuat tempe ini karena pernah dibawakan sama temannya.

"Jadi yang membuat tempe adalah ibu saya, sudah belajar sejak 2018. Dulu bikin tempe dengan kedelai biasa, tahun lalu sempat mencoba beberapa bahan yang lain. Suatu hari kami dapat tempe almond dari teman. Dan anak balita saya suka, jadi mulai bikin sendiri. Dari situ berkembang (mulai) ada teman yang pesan (tempe almond bikinan Tia)," ceritanya dalam sebuah pesan singkat, Senin (8/2).

Kacang almond (thedailymeal.com)

"Tempe Tante Loes" begitu nama menu makanan viral tersebut.

"Tante Loes" adalah ibu dari Tia yang kini usianya sudah 72 tahun. Karena ibunya sudah tua, produksi tempe ini juga terbatas. Jadi limited gitu gengs.

Tia mengaku sudah menjual 250 papan tempe; dengan berat 150 gram per satu papan. 

"Sebenarnya saya tidak memasarkan tempe ini, tapi teman ada yang nge-post di IG atau Twitter, kemudian ada media yang (juga) meliput," terang perempuan berusia 44 tahun itu.

Tempe almond (Instagram @tiawongso)

Tempe almond ini disebut dengan tempe sultan karena harganya yang jauh lebih mahal. mencapai Rp 65 ribu rupiah tiap papan.

"Keunggulan tempe almond, dari rasa dan tekstur, karena kami senang tempe yang masih "kletes-kletes" atau agak garing. Jadi tempe almond yang diproduksi juga kletes-kletes," ungkapnya. 

Pemesanan dilakukan secara online di Instagram @tiawongso. Satu papan tempe dibanderol Rp 65 ribu. Selain digoreng begitu saja, Tia juga merekomendasikan tempe almond untuk diolah dengan membalutnya bersama tepung (favorit keluarganya); atau dijadikan tempe orek. 

Tempe almond ini bisa disimpan dalam freezer selama 2-3 minggu. Cukup lama bisa disimpan ya gengs kalau mau pesen lebih dari satu papan.

Dibuat limited (Instagram @tiawongso)