6 Bisnis Online yang Digandrungi Milenial dan Bisa Kamu Coba saat Pandemi

6 Bisnis Online yang Digandrungi Milenial dan Bisa Kamu Coba saat Pandemi

Adanya pandemi Covid-19 pada awal 2020 kemarin berpengaruh terhadap banyak sektor, termasuk di bidang ekonomi. 

Banyak perusahaan yang terpaksa memutus kontrak kerja sebagian pegawainya karena kurangnya pemasukan akibat pandemi.

Bagi mereka yang terkena dampak pandemi, tentunya nggak boleh dan nggak bisa diam begitu aja. Mereka harus tetap bergerak agar tetap mendapatkan penghasilan untuk menjalani kehidupan ke depannya.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan berbisnis.

 Selama pandemi, bisnis online menjadi tren dan nggak jarang mendadak semua orang berjualan. 

Tapi, memutuskan untuk berbisnis nggak boleh sembarangan ya. Pilihlah hal yang memiliki peluang tinggi untuk kita tawarkan dan bisa kita jual dalam jangka panjang.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut bisnis yang tren di tengah pandemi yang bisa kamu coba untuk menambah penghasilan.

1. Produk Kesehatan


Selama pandemi, masyarakat sangat memperhatikan kesehatan dengan mengonsumsi berbagai vitamin untuk meningkatkan sistem imun. 

Masker dan hand sanitizer menjadi benda wajib yang harus dibawa ke mana pun guna mencegah penyebaran virus corona.

Selain tidak memerlukan modal besar, saat ini masker kain menjadi salah satu alternatif pengganti masker medis dan sudah menjadi salah satu fashion yang tidak terlepas saat seseorang bepergian sehingga tentunya akan mengalirkan pundi-pundi rupiah ketika kamu memilih untuk berbisnis jual masker kain. Bahkan kamu bisa memanfaatkan kain perca.

Ilustrasi Alat Kesehatan (Masker) (Klik Dokter)

2. Reseller atau Dropshipper


Bisnis sebagai reseller & dropshipper tampaknya akan selalu digandrungi dari masa ke masa tak kecuali saat pandemi, mengingat bisnis ini nggak membutuhkan modal dan ruangan besar namun tetap berpotensi meraup keuntungan besar.

Ibarat kata kamu tinggal rebahan sama main HP transferan bisa masuk ke rekening kamu nih. Tapi, kamu perlu tau kualitas barangnya dulu sebelum dijual ya.

Ilustrasi Berjualan Baju Online (SocialText.Journal)

3. Jasa Edit dan Pembuatan Konten


Banyaknya UMKM yang dibuka di tengah pandemi meningkatkan kebutuhan jasa pembuatan konten kreatif. Jasa ini ditujukan untuk membantu para pemilik bisnis untuk mempromosikan produk mereka secara gencar di berbagai platfom komunikasi terutamanya media sosial, namun dengan budget promosi iklan yang tetap terjangkau.

Buat kamu yang kamu punya skill desain, bisa dimanfaatkan nih. Buatlah promosi yang menarik agar bisa bersaing.

Ilustrasi Jasa Desain Grafis (Kompasiana.com)

4. Jasa Titip alias Jastip


Selama pandemi juga kita dibatasi untuk melakukan aktivitas di luar rumah. Biasanya salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan jasa titip untuk mendapatkan produk yang diinginkan tanpa datang langsung ke lokasi.

Kamu bisa mulai browing produk apa aja yang lagi banyak diminati, atau kamu bisa memaksimalkan barang, makanan, atau produk-produk yang biasa di jual di daerah sekitarmu.

Ilustrasi Jasa Titip (Kompas.com)

5. Creative Trainer


Di masa pandemi, banyak dari masyarakat yang tertarik untuk mempelajari keterampilan baru agar memiliki keahlian baru pula. 

Terlebih saat ini banyak orang yang punya waktu luang, tentunya akan sangat menguntungkan apabila kamu bisa memanfaatkan ilmu dan keahlian aplikasi video konferensi seperti Zoom, Mteams, dan sebagainya.

Ilustrasi Creative Trainer (Pelatihan Pengembangan SDM)

6. Makanan


Terakhir tapi nggak kalah penting nih. Makanan adalah salah satu hal yang bisa kamu manfaatkan untuk meraih pundi-pundi rupiah saat pandemi. 

Selain mengisi waktu luang, kamu bisa mengasah keahlian di dapur.

Selamat mencoba.

Ilustrasi Berbisni Makanan Online (parselday.com)