Menstruasi Terlambat atau Berhenti Pas Lagi Stres? Normal Kok Gini Alasannya

Stres memicu reaksi hormon yang enyebabkan tubuh menghentikan menstruasi untuk sementara waktu.

Ada apa dengan stres yang membuat menstruasi tidak lancar? terus kalau kamu lai stres dan capek waktu menstruasi jadi tertunda atau telat?

Stres dapat memengaruhi setiap orang dengan cara yang berbeda-beda, termasuk orang yang sedang menstruasi. Beberapa orang mungkin mendapati bahwa menstruasi mereka menjadi pengalaman yang lebih menyakitkan (dismenore) ketika mereka berada dalam situasi stres. Kram yang parah dan rasa yang gak nyaman.

Namun, beberapa orang bisa mengalami keterlambatan bahkan gak menstruasi dalam beberapa bulan, disebut amenore. Ketika kita menemukan diri kita dalam situasi stres - sistem saraf pusat (SSP) bertindak sesuai keadaan tubuh, dikutip dari Healthline.

Memicu proses yang dikenal sebagai 'naluri manusia gua'. Respons melawan-atau-lari berakar di bagian otak yang disebut hipotalamus. Dahulu kala, hipotalamus mempersiapkan kita untuk berperang melawan - atau bahkan melarikan diri dari - predator dan ancaman nyata lainnya terhadap keselamatan kita.

Ketika kita mencapai puncak situasi stres, hipotalamus mengirimkan sinyal ke kelenjar adrenal - menyuruhnya melepaskan 'hormon stres' adrenalin dan kortisol. Saat bahan kimia tersebar ke seluruh tubuh, mereka menekan fungsi yang tidak perlu yang tidak terlalu kita butuhkan untuk hidup.

Mentruasi (sog.com.sg)

Denyut jantung kita meningkat karena jantung adalah kunci kelangsungan hidup kita. Namun, siklus menstruasi terhenti untuk sementara.

Tergantung berapa lama kamu berada dalam situasi stres, menstruasi mungkin berhenti untuk waktu yang lama. Ini karena tubuh tetap dalam mode bertarung-atau-lari itu. Begitu kamu mulai tenang, menstruasi akan kembali dengan sendirinya.

Dipengaruhi karena stres (canr.msu.edu)

Inilah mengapa perawatan diri adalah suatu keharusan! Pastikan kamu mendapatkan banyak waktu 'me time'. Temukan apa yang membuat kamu merasa baik, dan pastikan tetap menjaga kesehatan mental pas melalui situasi stres.

Jika menstruasi tidak kembali setelah 6 bulan, atau kamucuriga mungkin ada sesuatu selain stres yang menyebabkan amenore. Pertimbangkan buat menemui dokter.

Jadi adalah hal yang normal kalau kamu stres dan mensnya telat gengs. Jangan khawatri dulu, redakan stres dan istirahat dulu aja ya.

Rilekskan pikiran (healthline.com)