Bagi Suku Ini Orang Kawin Lari dan cerai Mah Udah Biasa, Sudah Jadi Tradisi

Buat suku satu ini wanita bebas mau kawin lari dan cerai loh.

Di Indonesia, kawin lari adalah hal yang dipandang sebagai aib. Kalau ada orang kawin lari pasti kesannya negatif. Bakalan jadi bahan gosip satu kampung. Dipandang sebagai anak yang gak berbakti dan pasangan yang gak pantas di contoh.

Selain kawin lari, perceraian juga dianggap sebagai hal negatif. Rumah tangga yang berantakan, rusak, hingga menimbulkan perceraian juga bakalan jadi gosip.

Tapi beda di suku kalash ini, kedua hal itu mah dianggap biasa gengs. Selaw aja orang-orang suku Kalash soal kawin lari dan cerai. Gak jadi hal yang negatif kalau buat mereka.

Suku kalash berada di Pakistan. Di sana kawin lari sering terjadi dan masih menjadi tradisi. Secara turun temurun bukan cuma dilakukan tapi memnag dijaga sama masyarakatnya. 

Perempuan suku Kalash yang gak dapet restu dari orang tua bisa kawin lari sama pasangannya. Hal ini gak akan dicemooh dan dianggap cewek gak bener. Perbuatan ini wajar aja dan boleh dilakukan.

Wanita boleh kawin lari (wikipedia.org)

Pada bulan Desember di suku Kalash akan ada festival khusus buat memfasilitasi kawin lari. Para pasangan yang gak dapet restu orang tua bisa datang ke festival ini. Pasangan ini bisa melakukan ijab kabul dan merayakan pernikahan.

Wanita di suku Kalash memiliki kebebasan untuk mennetukan pasangan dan menikah dengan siapa. Meski wanita masih aja gender kedua dan laki-laki tetep dipandang lebih hebat. Ketika memutuskan untuk kawin lari, pasangan yang ditolak, lama-lama bakalan diterima sama keluarga.

Wanita suku Kalash punya pilihan buat menentukan jalan hidup. Gak cuma soal rumah tangga tapi juga pendidikan dan cita-cita. Banyak perempuan di sana yang mengenyam pendidikan tinggi dan menekuni apa yang dinginkan.

Malah jadi tradisi (pinterest.com)

Bahkan kalau mereka meminta cerai, hal ini dianggap biasa dan boleh aja. Tapi nanti kalau wanita ini menikah agi, suami baru harus kasih hadiah buat suami lama gengs. Sebagi tanda kalau suami baru ini serius meminang sang perempuan.

Jadi kebebasan ini bukan berarti suku Kalash gak peduli ya gengs. Justru karena mereka menghargai kebebasan wanita, makanya mereka boleh menentukan hidup sendiri.

Unik juga ya gengs?

Cerai juga hal yang biasa (pinterest.com)