Studi Ini Bilang Cowok Baru Bisa Dikatakan Pria Dewasa Ketika Telah Berusia 40 Tahun, Setuju Gak?

Studi ini bilang cowok baru bisa dikatakan pria dewasa ketika telah berusia 40 tahun, setuju gak?

Banyak cowok yang udah berusia antara 20 sampe 30 tahun merasa dewasa. Namun sesekali, kita sering menemukan cowok yang telah berusia dewasa bertingkah laku seperti anak-anak.

Hal ini ternyata sejalan dengan temuan para peneliti yang menganggap itulah alasan kenapa banyak cowok yang belum bisa dikatakan sebagai pria dewasa. Soalnya, belum berusia 40 tahun. Setuju gak gengs?

Dalam penelitian itu, para peneliti menjelaskan kriteria dewasa antara pria dan wanita cukup berbeda.

Sebuah studi yang dilakukan peneliti dari University of Oxford menjelaskan bahwa kedewasaan otak manusia bisa dibedakan oleh perkembangan yang berkepanjangan. Termasuk juga sifat-sifat jaringan fungsional dan struktural.

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menemukan fitur mana yang berubah selama proses pendewasaan dan fitur mana yang tetap sama.

Para ilmuwan pun memeriksa otak dari 121 partisipan yang rata-rata berusia hingga 40 tahun dalam pencitraan otak. Mereka juga melacak perubaham dalam fungsi yang berbeda sambil memperhitungkan usia peserta laki-laki.

Ternyata cowok berusia 20-30 tahun belum bisa disebut pria dewasa (freepik.com)

Hasil eksperimen itu mengungkapkan bahwa otak pria dan wanita pada akhirnya mengembangkan kemampuan yang sama untuk beroperasi dalam kehidupan sehari-hari. Namun, para laki-laki sering menunjukkan keterlambatan dalam pengembangan jaringan fungsional yang berkepanjangan dibandingkan dengan perempuan.

Sementara cewek bisa menunjukkan kerusakan yang lebih prematur pada jaringan tersebut. 

Itulah sebabnya kenapa dikatakan bahwa cowok baru bisa disebut pria dewasa di kemudian hari ketimbang para cewek yang sudah lebih awal.

Eduardo Calixto, profesor fisiologi dan farmakologi dari UNAM menjelaskan bahwa meskipun otak laki-laki lebih besar daripada perempuan, ternyata otak perempuan jauh lebih efisien daripada otak laki-laki.

Soalnya, kriteria dewasa cowok dan cewek emang berbeda (freepik.com)

Berkat ilmu pengetahuan, kini kita bisa mengatakan dengan keyakinan bahwa otak pria dan wanita berfungsi secara berbeda. Hal ini menjelaskan variasi dalam perilaku dan tingkat kematangan emosi setiap orang.

Makanya jangan heran dengan ungkapan "boys always be boys" gengs. Tapi kalian setuju gak nih kalo belum bisa disebut pria dewasa? Kecuali udah berusia 40 tahun loh.

Kalian baru bisa disebut pria dewasa ketika telah berusia 40 tahun! (freepik.com)