Wow Banget! Gaji Pilot 2021 yang Tetap Menggiurkan Meski Masih Pandemi

Begini nasib pilot dikala pandemi dan gaji mereka tahun 2021 ini.

Pilot adalah profesi yang mentereng dan keren banget. Selain itu gajinya juga tergolong besar. Tapi ketika pandemi menerpa kayak gini, gimana nasib para pilot?

Karena perjalanan yang sangat dibatasi, menyebabkan banyak pilot dipotong gaji hingga dirumahkan. Bandara yang selalu rame jadi sepi tahun 2020 ini. Penurunan drastis dirasakan pihak bandara.

Berapa gaji yang bisa diterima pilot?

Pengamat penerbangan dari Arista Indonesia Aviation Center (AIAC) Arista Atmadjati menjelaskan ada tiga skema hubungan kerja antara maskapai dengan pegawai. Dibagi menjadi pegawai tetap, ada pula pegawai berstatus kontrak, yakni melalui perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT). Selanjutnya, ada pula tenaga outsourcing.

Dilansir dari beragam situs pencari kerja, gaji pilot memang sangat menggiurkan. Di tahun 2021 ini juga tetep gede gajinya gengs.

Gaji pokok yang diterima sebesar:

Lion Air: mulai dari Rp10 juta sampai Rp20 juta. 

Garuda Indonesia: mulai dari Rp10 juta sampai Rp70 juta.

Keadaan pilot kala pandemi (ft.com)

Selain gaji pokok ada juga beragam tunjangan. Ada uang insentif, bonus, asuransi, tunjangan hari raya, hingga flight allowance alias uang terbang yang perhitungannya per jam saat terbang. Semakin banyak tugas terbang, semakin tinggi pendapatannya.

Gaji pokok dan tunjangan pilot bisa beda-beda sih gengs. Beberapa faktor yang menentukan antara lain adalah maskapai tempat keja dan jam terbang. Pilot senior gajinya lebih tinggi.

Gaji pokok pilot (thebalancecareers.com)

Gaji pilot yang tinggi ini sebanding kok dengan resiko yang ditanggung. Juga proses yang harus mereka jalani sebelum bisa bawa pesawat dan penumpang.

biaya sekolah pilot mulai dari Rp500 juta hingga lebih dari Rp1 milyar. Terus persyaratannya juga gak gampang gengs, banyak tesnya. Seorang pilot yang kerjanya selalu berpinda juga kemungkinan besar jarang di rumah. Menikmati waktu bersama keluarga.

Gimana gengs? Kamu masih mau jadi pilot?

Masih tetap menjadi profesi idaman (griwthgiant.com)