Kenapa Sih Burung yang Bertengger di Kabel Gak Kena Sengatan Listrik?

Kenapa sih burung yang bertengger di kabel gak kena sengatan listrik?

Kita semua tau bahwa kabel listrik bisa menyengat manusia. Makanya, dibuat aturan ketat untuk agar seseorang terhindar dari sengatan listrik yang mematikan.

Tapi anehnya ... kenapa ya seekor tupai bisa lari di kabel listrik dengan tenang. Mereka gak ketakutan bakal terserang sengatan listrik. 

Sementara burung-burung juga bisa dengan santai tuh bertengger di kabel listrik. Mereka juga gak takut kena sengatan listrik. Kamu jarang lihat kan seekor burung kepanggang gara-gara bertengger di kabel listrik?

Buat kamu semua yang kepo dengan situasi ini, kamu harus tau jawabannya. Hal ini berkaitan dengan gimana listrik mengalir.

Listrik mengalir pada dua tegangan berbeda. Nah, sengatan listrik akan terjadi karena adanya perbedaan tegangan yang diakibatkan dua tegangan yang berbeda bertemu.

Aliran listrik bisa menyengat tubuh makhluk hidup jika ada perbedaan tegangan di dalam tubuh.

Kenapa ya burung yang bertengger di kabel gak kesetrum? (unsplash.com)

Nah, seekor burung biasanya cuma menginjak salah satu kabel dari kawat listrik. Hal itu tidak menyebabkan perbedaan tegangan.

Karena hanya berisi satu tegangan, aliran listrik yang bisa menyetrum seekor burung tak akan terjadi. 

Burung atau tupai bisa tersengat listrik bila bagian tubuhnya menyentuh dua kabel yang berbeda. Atau salah satu kaki menyentuh tanah dan sebelah lagi menyentuh kabel listrik.

Tupai juga nih, sama kayak burung, jarang kesetrum (istockphoto.com)

Kamu pasti tau kan kalo tanah adalah media pengantar listrik yang cukup tinggi?

Tapi karena manusia gak punya tubuh seenteng mereka dan gak punya kemampuan seperti hewan-hewan itu, jangan nekat naik-naik ke tiang listrik ya. Kamu bisa kesetrum gengs.

Kuncinya, kaki hewan-hewan ini gak menyentuh tanah (pixabay.com)